Kajian dan Riset Oseanografi Dorong Kebermanfaatan Kelautan

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Sebagai negara yang dua pertiga wilayahnya adalah lautan, penelitian oseanografi menjadi suatu keharusan. Karena, dengan meneliti tentang laut akan meningkatkan kebermanfaatan dari lautan itu sendiri. 

Kepala Balai Riset Observasi Laut (BROL) I Nyoman Radiarta menyatakan kajian yang dilakukan pada sektor kelautan merupakan salah satu akses dalam merumuskan kebijakan terkait peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kami sebagai badan riset nasional, saat ini sudah melakukan berbagai kajian untuk memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat, khususnya bagi kelautan dan perairan Indonesia,” kata Nyoman saat Zoom Webinar Perayaan 15 tahun BROL,  Rabu (1/7/2020).

Dengan adanya kajian, lanjutnya, diharapkan dapat membangun industri hulu dan juga hilirisasi produk kelautan dan perikanan.

“Karena itu, dalam perayaan 15 tahun BROL ini, kami mengadakan webinar adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat ataupun industri tentang manfaat oseanografi dalam bidang lainnya, seperti ekonomi,” ujarnya.

Untuk menjadikan oseanografi sebagai salah satu sektor yang bermanfaat bagi pemerintah, pelaku industri dan masyarakat, dibutuhkan suatu basis data dan informasi yang lengkap.

“Yang kami lakukan di BROL adalah berupaya untuk mengumpulkan data secara lengkap, agar bisa sharing data dan sekaligus mensegmentasi data sehingga bisa dikembangkan oleh masing-masing sektor kepentingan,” ujarnya lagi.

Plt. Kapus Riset Kelautan Rudi Alek Wahyudin saat Zoom Webinar Perayaan 15 tahun BROL, Rabu (1/7/2020). -Foto Ranny Supusepa

Dalam kesempatan yang sama, plt. Kapus Riset Kelautan Rudi Alek Wahyudin menyatakan kelautan merupakan salah satu pilar prioritas penggerak ekonomi, regional dan wilayah serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Oseanografi merupakan instrumen riset dan inovasi dalam membuka celah manfaat laut untuk kepentingan stakeholder dan masyarakat,” ujar Rudi.

Sehingga, dengan dilakukannya penelitian oseanografi maka diharapkan akan menjadi kontribusi dalam perumusan kebijakan pemerintah.

Peneliti Madya Oseanografi Widodo Setiyo Pranowo memaparkan salah satu manfaat oseanografi pada sektor perikanan adalah penelitian pada lokasi ikan di Teluk Makassar.

“Dengan memanfaatkan penelitian oseanografi, maka akan bisa terlihat migrasi beberapa ikan, di Teluk Makassar dan bisa juga melihat migrasi pada area laut di sekitar Teluk Makassar,” ujar Widodo.

Lihat juga...