Kalahkan Tottenham 3-1, Sheffield Dekati Zona Eropa

Penyerang Sheffield United, Lys Mousset (kedua kiri), melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai menjebol gawang Tottenham Hotspur dalam laga lanjutan Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Bramall Lane, Sheffield, Inggris, Kamis (2/7/2020) waktu setempat – Foto Ant

JAKARTA – Sheffield United semakin mendekati zona kualifikasi Eropa, di klasemen Liga Inggris. Hal itu diperoleh, seusai membekap tamunya, Tottenham Hotspur 3-1, pada laga pekan ke-32 di Stadion Bramall Lane, Kamis (2/7/2020) waktu setempat atau Jumat (3/7/2020) WIB.

Sander Berge, Lys Mousset serta Oliver McBurnie, secara bergantian membobol gawang tamunya. Dan Tottenham hanya memperoleh satu gol hiburan telat, di pengujung laga melalui Harry Kane. Berbekal kemenangan tersebut, Sheffield kini naik ke urutan ketujuh klasemen, dengan koleksi 47 poin. Posisinya menyalip Tottenham (45), yang kini harus turun ke posisi kesembilan.

Tuan rumah mengawali pertandingan dengan baik, dan segera menciptakan peluang lewat tusukan George Baldock. Tetapi tembakan penyelesaiannya masih bisa diamankan kiper Hugo Lloris. Selanjutnya, Tottenham lebih banyak memegang kendali, tetapi tembakan Kane hanya menyerempet tiang gawang. Dan sepakan jarak jauh Moussa Sissoko mudah dijinakkan kiper Dean Henderson.

Di tengah tekanan, Sheffield justru berhasil mencuri keunggulan pada menit ke-31. Adalah lewat aksi Berge, yang menerobos ke dalam kotak penalti sebelum menaklukkan Lloris dengan tembakan tajam. Tiga menit kemudian, Kane melakukan selebrasi usai menjebol gawang tuan rumah. Tetapi gol itu dianulir oleh wasit Chris Kavanagh, yang menilai Lucas Moura terlebih dulu melakukan pelanggaran handball, dalam proses serangan.

Sheffield mampu mempertahankan keunggulan di tengah tekanan yang terus dilancarkan tamunya hingga turun minum. Dan pada menit ke-61, Berge hampir mencetak gol kedua. Sayang tembakannya bisa dihalau Lloris, bola muntah diteruskan Ben Osborn untuk diselesaikan David McGoldrick, sayang tendangannya hanya menghantam sisi luar jaring gawang.

Upaya telaten tuan rumah membuahkan hasil pada menit ke-69. Mousset mencetak gol kedua, yang menggandakan keunggulan mereka atas Tottenham. Mousset baru enam menit merumput setelah masuk menggantikan McGoldrick, dan ia dengan dingin menyontek bola umpan tarik matang yang dikirimkan Enda Stevens ke muka gawang.

Tertinggal dua gol, Tottenham berusaha keras untuk mencetak gol dan pada menit ke-76. Namun, hakim garis sudah lebih dulu mengangkat bendera pertanda offside ketika Kane, menerima umpan Tanguy Ndombele dan melesakkan bola ke gawang tuan rumah.

Alih-alih mencetak gol balasan, gawang Tottenham malah kebobolan lagi pada menit ke-84. Aksi serangan apik diakhiri umpan tarik Berge yang mampu dikejar oleh McBurnie untuk diselesaikan di hadapan Lloris. Tepat di pengujung waktu normal, Tottenham akhirnya bisa menjebol gawang tuan rumah, lewat tembakan Kane yang memanfaatkan umpan Son Heung-min. Tetapi gol itu tak ubahnya sekadar menjadi gol hiburan, yang mewarnai kemenangan pertama Sheffield sejak kompetisi dilanjutkan di tengah pandemi COVID-19.

Sheffield bakal mencari cara untuk terus merawat harapan menembus kompetisi Eropa musim depan. Termasuk ketika bertandang ke markas Burnley, dalam laga pekan ke-33 pada Minggu (5/7/020). Sedangkan Tottenham baru main sehari berselang menjamu Everton. (Ant)

Lihat juga...