Kemenag –Telkomsel Sediakan Internet Murah untuk PTKI

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Pandemi telah memaksa masyarakat beradaptasi dengan berbagai kebiasaan baru, termasuk dalam hal proses belajar mengajar. Hybrid learning atau perpaduan antara belajar secara tatap muka dan daring menjadi alternatif kebiasaan baru tersebut, guna menutup celah penularan Covid-19.

Untuk itu, Kementerian Agama (Kemenag) menggandeng PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) untuk menyediakan paket internet dengan harga murah, dalam rangka mendukung proses belajar mengajar di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), di masa pandemi.

“Kami telah menandatangani perjanjian kerja sama ini, agar setiap PTKI yang berada di bawah naungan Kemenag dapat melangsungkan pembelajaran daring dengan biaya terjangkau. Mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan PTKI akan dengan mudah melakukan pembelajaran daring dengan paket data yang murah,” terang Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Arskal Salim, di Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Arskal mengungkapkan, selama ini paket data yang disediakan oleh para provider, dianggap kurang terjangkau oleh mahasiswa, padahal pada semester ini pembelajaran daring akan dilangsungkan 100 persen, kecuali ada keadaan tertentu.

Karena itu, lanjut Arskal, penyediaan paket data terjangkau akan sangat membantu dalam proses pembelajaran daring yang akan dilangsungkan tahun ini. Pasalnya, paket data terjangkau dinilai lebih efektif dan akan menjangkau seluruh mahasiswa PTKIN maupun PTKIS.

“Harapan kami, kerja sama ini segera ditindaklanjuti melalui sosialisasi dan bekerja sama dengan pusat pengembangan akademik. Baik PTKIN maupun PTKIS, nantinya akan mendapatkan sosialisasi dari Telkomsel agar dapat segera menerima manfaat dari paket data terjangkau,” tutur Arskal.

Sementara itu, Senior Vice President Enterprise Telkomsel, Dharma Simorangkir, menjelaskan penyediaan paket terjangkau bagi PTKI nantinya akan meliputi dua pilihan paket, pertama berupa paket data untuk dosen, tenaga pendidik dan karyawan, meliputi paket data untuk internet dan video conference, dan paket data untuk mahasiswa.

“Saat ini, jangkauan Telkomsel adalah yang terluas, sejalan dengan saat ini di mana mahasiswa banyak yang berada di daerah atau di rumah. Dengan kelengkapan fasilitas, kami dapat membantu memastikan proses pembelajaran daring dari rumah secara online bisa terlaksana dengan baik,” tuturnya.

Lihat juga...