KONI Kota Bekasi Pastikan Atlet Cabor Tetap Berlatih 

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bekasi, Jawa Barat, memastikan atlet di berbagai cabang olahraga (Cabor) binaannya, tetap berlatih meski di tengah penerapan PSBB akibat pandemi Covid-19.

“Atlet tetap latihan di beberapa tempat fasilitas yang tersedia. Seperti tinju, silat dan lainnya sebagai bentuk persiapan meskipun belum ada event kejuaraan,”ungkap Yan Rasyad, Ketua KONI Kota Bekasi, memastikan kepada Cendana News, Jumat (3/7/2020).

Menurutnya olahraga bagi atlet sudah menjadi kebutuhan. Sehingga meskipun belum ada jadwal kejuaraan, latihan terus dilakukan guna menjaga kebugaran. Bahkan saat wabah pandemi Covid-19 atlet renang tetap latihan dengan memesan tempat khusus.

Dikatakan saat ini untuk wilayah Jawa Barat, tidak hanya di Kota Bekasi, belum ada kepastian jadwal kejuaraan. Meskipun sudah memasuki tahapan new normal.

“Sebenarnya bagi atlet amatir suasana Covid-19 tidak terlalu berdampak. Kecuali atlet kelas nasional, mungkin merasakan dengan banyaknya jadwal pertandingan ditunda atau pun dibatalkan,”ujarnya.

Yan Rasyad, Ketua KONI Kota Bekasi, memastikan semua Cabor tetap berlatih meski di tengah pandemi Covid-19. Olahraga bagi atlet sudah menjadi kebutuhan, Jumat (3/7/2020). -Foto: M. Amin

Namun demikian KONI Kota Bekasi jelasnya terus memberi motivasi kepada atlet melalui Cabor masing-masing untuk terus berlatih menyambut kejuaraan yang akan dilaksanakan setelah Indonesia pulih dari deraan wabah virus corona.

Lebih jauh dia mengatakan belum ada kepastian kapan kejuaraan dilakukan di Kota Bekasi di masa pandemi Covid-19 sekarang. Namun demikian Bang Yan, mengaku optimis, kejuaraan untuk beberapa cabang olahraga akan kembali bergeliat antara Oktober-November mendatang.

“Kemungkinan untuk beberapa kejuaraan olahraga akan dimulai Oktober nanti. Tapi, tekniknya berbeda apakah tanpa penonton atau lainnya, sekarang masih di rumuskan,” jelasnya mengatakan kembali normal seperti semula tentunya jika vaksin sudah ditemukan.

Komtek Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PERTINA) Kota Bekasi, Wira Markus Gea, ditemui di tempat pusat pelatihan mengatakan meski enam atlet tinju Kota Bekasi tertunda mengikuti kejuaraan PON di Papua tapi latihan tetap dilaksanakan.

“Makin giat latihan, karena banyak waktu luang, mau ngapain lagi. Atlet binaan Pertina terus latihan untuk persiapan tentunya,”tegas Wira di Sasana Esalalan Boxi Camp, komplek GOR Chandrabaga.

Sebelumnya diketahui, enam atlet tinju Kota Bekasi, telah dipersiapkan untuk bertanding membawa nama Jawa Barat di ajang PON XX di Papua. Mereka semuanya sudah memiliki jam terbang di berbagai kejuaraan di Indonesia dan kerap menyumbang emas dan perak.

“Penundaan PON XX di Papua, tentu harus memberi peluang lebih giat lagi untuk menang,”ujarnya mengaku khawatir atletnya terbentur masalah umur saja jika terlalu lama kejuaraan ditunda.

Lihat juga...