Lahan Kosong di Kampung Sawah Jadi Tempat Pembuangan Sampah Liar

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Titik lokasi sampah liar makin banyak tersebar di pinggir jalan di Kota Bekasi, Jawa Barat. Sampah bertumpuk di berbagai lokasi, terutama lahan kosong tidak terurus dan sepi.

Seperti terlihat di beberapa titik di wilayah Kelurahan Jatimurni, tepatnya di jalan raya Kampung sawah di depan Strada. Lokasi tersebut terdapat lahan kosong tidak terurus dan berisikan danau buatan,

Tanpa malu warga melemparkan sampah begitu saja di jalan, kemudian tancap gas pergi. Padahal Cendana News, masih mengambil gambar tumpukan sampah di lahan kosong tersebut.

Salah seorang warga setempat Supri, mengatakan kondisi lahan kosong tersebut sudah lama jadi tempat pembuangan sampah liar. Meskipun sudah berulang kali ditegur tetapi tetap saja terulang.

“Lokasi lahan sudah dipasang pesan, tapi tetap saja. Orang buang sampah terlalu banyak terutama pagi hari saat jam kerja, sambil melintas warga tanpa malu buang kantong plastik,”ungkap Supri.

Menanggapi hal tersebut Chandra, mengatakan bahwa berbagai sudah dilakukan seperti bersurat ataupun meminta langsung Dinas LH untuk membersihkan lokasi tersebut. Tetapi sampah kembali menumpuk.

Menurutnya, lahan tersebut lokasinya sepi, di seberang jalannya ada lahan kosong juga tetapi oleh pemilik nya dibuatkan pagar. Lokasi sampah di sisi kanan ke arah Jatimelati posisi lahannya berada di bawah sisi tepi jalan.

“Harusnya pihak kelurahan ataupun Kecamatan Jatimelati, bisa memanggil pemilik lahan. Sehingga lahan tersebut bisa dipagar guna mencegah dijadikan tempat pembuangan sampah liar,” ungkap Chandra.

Lebih lanjut Chandra mengakui fenomena sampah liar cukup banyak terjadi di wilayah Kota Bekasi, tidak hanya di lahan kosong jalan raya Kampung Sawah Jatimurni.

Pantauan di lokasi sampah di dominasi sampah plastik. Tetapi ada juga sampah bekas kelapa muda yang memenuhi areal tersebut. Lokasi lahan kosong tidak terurus tersebut menjadi jalur utama menuju kampung sawah, pondok melati ataupun sebaliknya menuju pusat Kota Bekasi.

Sampah liar tersebut terkesan terbiarkan. Tumpukan sampah rumah tangga itu sampai sekarang belum ada solusi. Saat dicoba dikonfirmasikan ke UPTD LH Pondok Melati tengah berada di luar, begitupun dihubungi melalui saluran telpon tidak tersambung.

Lihat juga...