Lahir di Masa Covid-19, Anak Harimau ini Diberi Nama Covi dan Vivid

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

SEMARANG — Ada yang luar biasa, dalam pembukan kembali kebun binatang Mangkang atau Semarang Zoo, berupa kehadiran dua penghuni baru, anak harimau Benggala. Istimewanya, keduanya harimau berjenis kelamin betina ini, dilahirkan saat pandemi covid-19 tengah melanda.

“Anak harimau Benggala ini, berjenis kelamin betina. Keduanya lahir pada 28 April 2020. Karena itu, saya beri nama Covi dan Vivid. Kalau disingkat jadi Covid. Menjadi penanda bahwa pada masa pandemi, telah lahir dua anak harimau,” papar Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi di Semarang, Rabu (15/7/2020).

Tidak hanya itu, kelahiran dua anak harimau tersebut juga menjadi pembuktian, bahwa selama pandemi berlangsung, dan ditutupnya operasional Semarang Zoo, kondisi hewan yang ada di kebun binatang tersebut tetap terjaga dan sehat.

“Dihitung dari tanggal kelahirannya, berarti sekarang sudah berusia hampir tiga bulan. Kedua anak harimau ini tetap diawasi kesehatannya, jangan sampai sakit. Ada tim dokter yang bertugas mengawasi,” jelasnya.

Dirinya pun berharap dengan kehadiran dua anak harimau, sebagai penghuni baru Semarang Zoo, akan semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke obyek wisata tersebut.

“Bagi para pengunjung, jangan lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan, ikuti aturan yang sudah diterapkan oleh pihak pengelola Semarang Zoo. Pakai masker, jaga jarak, sehingga mudah-mudahan kita semua bisa terjaga dari covid-19,” jelasnya.

Sementara, Kepala Divisi Operasional Semarang Zoo, Bogi Fatoni menuturkan, kehadiran dua anak harimau Benggala tersebut melengkapi koleksi satwa yang ada.

“Keduanya berjenis kelamin betina. Salah satunya dari jenis Benggala Putih. Penambahan penghuni baru ini, juga melengkapi sebanyak 281 koleksi satwa dari 51 spesies yang ada,” paparnya.

Selain tambahan koleksi satwa Harimau, pihaknya juga mendapat hewan Unta, dari hasil pertukaran dengan bonbin lain di Indonesia. “Sebelumnya, kita tidak memiliki koleksi Unta, baru kali ada, dan mudah-mudahan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, agar berkunjung ke Semarang Zoo,” pungkasnya.

Lihat juga...