Mencicipi Kue Bolu Murah Meriah di Kota Maumere

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Kue bolu cokelat yang banyak dijual pedagang di Kota Maumere Kabupaten Sikka, NTT setiap pagi dengan harga murah saat disaksikan Sabtu (11/7/2020). Foto : Ebed de Rosary

MAUMERE — Kue Bolu saban pagi sejak pukul 06.00 WITA hingga pukul 09.00 WITA selalu dijual para pedagang kue yang biasa menggelar dagangan mengunakan meja di pintu masuk TPI Alok Kota Maumere Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pedangang kuliner di Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Maria W. Parera saat ditemui, Sabtu (11/7/2020). Foto : Ebed de Rosary

Kue bolu ini dijual bersama dengan aneka jenis kue lainnya seperti roti bakar, roti goreng, cucur dan lainnya yang biasa dijual pedagang dengan harga Rp.1.000 per buahnya dan selalu ramai diserbu pembeli.

“Paling ramai jam 6.30 WITA karena banyak warga yang datang membeli ikan di TPI Alok ini. Hampir semua jenis kue dijual dengan harga seribu rupiah per buah,” sebut Sunarti, pedagang kue di TPI Alok Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Sabtu (11/7/2020).

Sunarti menyebutkan, keutungan yang diproleh dari menjual kue sangat lumayan dimana dalam sehari bisa laku terjual hingga Rp300 ribu sampai Rp500 ribu dengan keuntungan minimal Rp100 ribu.

Pembeli banyak kata dia karena harga jual kuenya murah meriah dimana hampir smeua jenis kue dijual dengan harga Rp1.000 per buahnya. Rata-rata membeli sebanyak Rp10 ribu.

“Saya biasa menjual kue di TPI Alok dan kalau tidak habis terjual sorenya saya menjual kembali di pinggir jalan sepanjang Kampung Beru Keluarahan Beru Kota Maumere. Paling banyak untung Rp300 ribu sehari,” jelasnya.

Seorang pedagang kuliner di Kota Maumere, Maria W. Parera mengaku, kue bolu rasa cokelat banyak disukai pembeli karena selain rasanya enak, harga jualnya pun murah Rp1.000 per buahnya.

Mery sapaannya mengatakan, membuat kue bolu rasa cokelat sangat mudah dan semua orang bisa membuatnya sendiri bahan-bahannya bisa dibeli di toko atau kios di sekitar rumah.

“Paling gampang membuat kue bolu rasa cokelat yang sederhana berbentuk bulat.Bahannya pun mudah kita peroleh di toko atau kios dan mudah untuk membuatnya di rumah,” ujarnya.

Untuk membuatnya, pertama kata Mery, siapkan tepung terigu lalu ayak menggunakan saringan agar didapatkan tepung terigu yang halus. Siapkan juga mentega atau margarin secukupnya sesuai banyaknya kue yang dibuat.

Gula pasir lanjutnya, ditumbuk hingga halus lalu ayak menggunakan saringan. Siapkan telur ayam, baking powder, susu bubuk dan cokelat batangan yang dipanaskan hingga mencair.

“Kalau cokelat tidak ada bisa juga menggunakan sus kental manis berwarna coklat. Tepung terigu dan mentega dikocok atau diaduk menggunakan mixer hingga lembut dan merata,” terangnya.

Setelah adonan terigu merata, saran Mery, masukan telur ayam, gula pasir dan susu bubuk lalu diaduk hingga merata dan masukan baking powder lalu diaduk agar adonan mengembang.

Sesudahnya, tutup adonan di wadah dengan kain dan biarkan beberapa saat hingga adonan tersebut sudah mengembang dan siap digunakan. Letakan oven di atas kompor dan panaskan.

“Oleskan cetakan kue dengan tepung terugu agar tidak lengket. Untuk memberi warna cokelat di pinggirnya maka oleskan susu kental warna cokelat. Masukan adonan yang sudah mengembang tersebut ke dalam cetakan berbentuk bulat,” tuturnya.

Setelah semua adonan dimasukan ke dalam cetakan tambah Mery, oleskan atau siram susu kental cokelat ke bagian atas adonan tersebut lalu masukan ke dalam oven untuk dipanggang.

“Usahakan apinya jangan terlalu besar dan merata agar kuenya tidak hangus. Setelah tercium bau harus pertanda kuenya sudah matang, keluarkan kue dari oven dan letakkan ke atas wadah terbuka untuk mendinginkannya sebelum dijual,” pungkasnya.

Lihat juga...