Menikmati Pindang Sembilang di Jalan Lintas Timur Sumatera

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Kawasan pesisir Timur Lampung Selatan (Lamsel) jadi salah satu wilayah penghasil ikan laut dan ikan air tawar. Olahan kuliner berbahan ikan jadi sajian sejumlah warung makan yang ada di Jalan Lintas Timur Sumatera.

Tusiono, pemilik warung Satria penyedia menu pindang sembilang saat ditemui di Jalan Lintas Timur Desa Pematang Pasir, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, Sabtu (11/7/2020). Foto: Henk Widi

Tusiono, pemilik warung makan Satria menyebutkan, menu ikan jadi favorit pelanggan saat melintas di jalan penghubung Lamsel dan Lampung Timur, terutama pindang ikan sembilang.

“Ikan sembilang yang diolah menjadi pindang khas warung Satria berupa kuah bening bumbu rempah dengan cita rasa menyegarkan dilengkapi sambal mangga dan lalapan kemangi,” terang Tusiono saat ditemui Cendana News, Sabtu (11/7/2020)

Bahan utama diperoleh dalam kondisi segar. Jenis ikan sembilang asap dimanfaatkan untuk pembuatan gulai. Sejumlah bumbu rempah disiapkan, meliputi kunyit ,jahe, bawang merah, bawang putih, cabai merah, jeruk nipis, asam jawa, garam, penyedap rasa.

“Ikan pindang sebelum diolah bisa digoreng atau langsung direbus setelah dibersihkan menyesuaikan selera pelanggan,” paparnya.

Proses pengolahan ikan dijelaskan oleh juru masak, Nasinti yang melakukan penyiapan pindang ikan sembilang. Ikan yang telah dibersihkan selanjutnya dipotong menjadi empat bagian. Semua bumbu akan dihaluskan menggunakan alat penghalus.

Bumbu yang dihaluskan meliputi kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, garam dan penyedap rasa. Semua bumbu halus selanjutnya ditumis dengan minyak goreng dalam wajan ditambahi dengan asam jawa. Tumisan bumbu selanjutnya diberi air hingga mendidih selanjutnya ikan sembilang yang telah dipotong siap dimasukkan dalam tumisan bumbu.

“Setelah matang ikan akan diangkat dan ditiriskan dalam wadah khusus dan kuah pindang disimpan dalam pemanas,”cetus Nasinti.

Pemisahan ikan dengan kuah menurutnya menghindari daging hancur dan tetap utuh. Saat akan disajikan ikan sembilang akan diletakkan pada piring lalu disiram memakai kuah. Penambahan kemangi segar pada kuah pindang akan menambah cita rasa saat menyantap. Cita rasa lain akan diperoleh dengan membuat sambal mangga atau nanas lengkap dengan terasi.

Tusiono yang terjun langsung melayani pelanggan menyebut seporsi menu pindang sembilang terbilang murah. Mengeluarkan kocek sebanyak Rp20.000 pelanggan bisa menikmati kesegaran kuah pindang ikan sembilang dengan nasi hangat dan sambal.

Desfi, salah satu penyuka menu pindang sembilang menyebut menyukai kuliner tersebut. Kelezatan ikan sembilang dalam olahan pindang jadi menu favorit. Terlebih pemerintah menggencarkan gerakan makan ikan yang memiliki kandungan gizi omega 3 cukup tinggi. Menu tersebut sangat cocok disajikan sebagai sarapan dan makan siang.

Kuah segar dari bumbu rempah menueut Desfi cukup menggugah selera. Bahan bumbu yang berasal dari rempah berpadu dengan lembutnya daging ikan sembilang memberi stamina bagi tubuh. Terlebih pada masa pergantian musim ia membutuhkan daya tahan tubuh yang cukup. Cita rasa kesegaran kuah pindang sembilang disantap dengan nasi hangat membuatnya habis dua piring.

Lihat juga...