‘Modal Kita’ Menyasar Usaha Mikro Pemukiman Padat Penduduk di Padang

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PADANG – Koperasi Serba Usaha (KSU) Dewantara Ranah Minang (Derami) Padang melalui unit usaha Modal Kita turus menyasar usaha mikro. Setelah belum lama membuka kelompok Modal Kita yang baru yakni Cahaya Bunda, kini hadir kembali untuk menambah kelompok Modal Kita yang dikenal dengan Seroja.

Manajer Umum Modal Kita, Margono Okta, mengatakan, meski kegiatan koperasi maupun Modal Kita sempat terhenti akibat COVID-19, namun setelah pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal, secara bertahap kondisi di Modal Kita pun berangsur membaik.

Sebagai bukti, baru berjalan sekitar 1 bulan, sudah ada 2 kelompok baru yang didirikan oleh Modal Kita. Bahkan dalam waktu dua kelompok baru lagi juga akan didirikan oleh Modal Kita. Artinya, kondisi di KSU Derami Padang dalam posisi yang bagus.

“Alasan kita menambah kelompok Modal Kita ini, karena ingin terus memacu penghasilan. Sebab dengan semakin banyak jumlah kelompok yang dibangun, akan semakin baik dalam hal memacu penghasilan,” katanya, Kamis (9/7/2020).

Ia menyebutkan penambahan jumlah kelompok itu juga turut didukung adanya dana stand by yang jumlahnya itu mencapai Rp350 juta lebih. Dana stand by dimaksud sebelumnya diperuntukkan mengantisipasi lonjakan pencairan dana pinjaman anggota.

“Bagi kami nilai dana stand by itu amannya berada di angka Rp150 juta. Nah mengingat dana stand by yang cukup banyak yakni Rp100 juta lebih, kami di Modal Kita ingin mengembangkan lagi yakni menambah kelompok Modal Kita,” ujarnya.

Dengan demikian, KSU Derami Padang pun menambah jumlah kelompok Modal Kita Seroja yang berada di Kompleks Jondul, Mato Aie, Rawang, Padang Selatan. Kelompok Seroja itu berada di kawasan kompleks dimana usaha masyarakatnya banyak usaha mikro, seperti sarapan pagi, warung-warung kecil.

“Untuk kelompok Seroja ini baru dua minggu mereka mengajukan diri  menjadi kelompok Modal Kita. Dan baru hari ini kita tindaklanjuti, anggotanya kita batasi dulu sebanyak 5 orang,” sebut Meno.

Dengan telah adanya penambahan kelompok baru itu, artinya jumlah kelompok Modal Kita di Kota Padang mencapai 31 kelompok. Keberadaan 31 kelompok ini telah menyasar ke berbagai pelosok kota, baik itu dari usaha mikro di kawasan pasar, wisata, pemukiman padat penduduk, dan lokasi-lokasi daerah lainnya.

Sementara itu, Ketua KSU Derami Padang, Gusti Ayu Ratniati, mengatakan, Modal Kita atau Tabur Puja dulu itu kini terus bergerak secara baik. Penambahan kelompok adalah bentuk pengembangan, sehingga secara finansial Modal Kita ini terus menguntungkan.

“Kami dari koperasi tentu sangat mendukung adanya pergerakan positif dari Modal Kita. Bahkan ada rencana menambah 2 kelompok lagi, artinya kini Modal Kita dalam kondisi yang baik,” ucap dia.

Direncanakan daerah yang akan dilakukan penambahan kelompok Modal Kita itu yakni di Kecamatan Teluk Kabung dan di Kecamatan Padang Utara yakni di Ulak Karang. Artinya, tahun ini ada sekitar 4 kelompok Modal Kita baru yang akan didirikan.

Lihat juga...