Olahraga Kembali Digencarkan, Upaya Jaga Stamina Kala Pandemi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Masa adaptasi kenormalan baru diisi oleh sebagian masyarakat dengan kegiatan olahraga. Klub jantung sehat (KJS) wilayah kecamatan Ketapang, Lampung Selatan (Lamsel) mengisi kegiatan olahraga dengan gerakan senam. Sriyanti, instruktur KJS menyebut setelah vacum selama hampir empat bulan kegiatan senam kembali digelar.

Kegiatan senam jantung sehat menurut Sriyanti dilakukan sebagai upaya menjaga stamina tubuh. Sebab salah satu protokol kesehatan untuk pencegahan virus dengan melakukan olahraga. Kegiatan olahraga yang dilakukan pada area pedesaan menurutnya menjadi cara mengajak masyarakat menerapkan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

Kegiatan Germas disebutnya meliputi aktivitas fisik, konsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak konsumsi minuman beralkohol, memeriksakan kesehatan berkala, menjaga PHBS dan jamban sehat. Melalui kegiatan senam di Desa Legundi bersama anggota KJS dan masyarakat sekaligus sosialisasi pendisiplinan protokol kesehatan.

“Kesadartahuan masyarakat harus kembali dipertegas melalui pendisiplinan protokol kesehatan dengan memakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak dan tetap olahraga,” terang Sriyanti saat ditemui Cendana News, Jumat (24/7/2020).

Kegiatan senam diakuinya hanya salah satu cara untuk kegiatan Germas. Masyarakat disebutnya bisa melakukan aktivitas fisik dengan melakukan olahraga jalan kaki, bersepeda dan olahraga jenis lain. Meski kegiatan olahraga digelar ia memastikan masyarakat diimbau untuk melakukan jaga jarak dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Melalui kegiatan senam jantung sehat dipandu instruktur, ia mengajak masyarakat kembali melakukan aktivitas fisik. Sebab selama ini sejumlah aktivitas bekerja dari rumah, belajar dari rumah membuat masyarakat enggan melakukan aktivitas fisik. Selain kegiatan senam jantung sehat Sriyanti menyebut klub senam aerobik miliknya kembali beroperasi.

“Kegiatan klub senam kembali dilakukan agar aktivitas fisik olahraga yang selama ini terhenti kembali dilakukan,” paparnya.

Kepala Desa Legundi, Mulkan, menyebut kegiatan olahraga menjadi bagian Jumat Berkah. Aktivitas olahraga yang rutin dilakukan setiap Jumat menurutnya sempat terhenti imbas pandemi Covid-19 melanda. Namun memasuki adaptasi kenormalan baru olahraga kembali digencarkan salah satunya melibatkan klub jantung sehat.

Mulkan (kaos putih), Kepala Desa Legundi Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan dalam kegiatan Jumat Berkah diisi dengan sosialisasi pendisiplinan protokol kesehatan, olahraga dan berbagi, Jumat (24/7/2020) – Foto: Henk Widi

“Senam jantung sehat menjadi cara melatih pernapasan dan sangat bagus untuk menguatkan stamina tubuh,” cetus Mulkan.

Kegiatan olahraga sekaligus menjadi kesempatan mengingatkan masyarakat untuk tidak lengah. Meski pemerintah telah melonggarkan sejumlah kegiatan protokol kesehatan tetap ditekankan.

Pendisplinan protokol kesehatan telah diterapkan di Desa Legundi dengan melakukan pembagian kendi untuk cuci tangan. Masker dan penyemprotan disinfektan tetap rutin dilakukan pada perumahan warga.

Jumat berkah yang diisi dengan olahraga juga menjadi kesempatan untuk konsumsi makanan sehat. Sajian makanan kacang rebus, ubi rebus, jagung rebus dan buah segar jadi asupan makanan bergizi.

Berbagi pada masyarakat yang terdampak secara ekonomi saat pandemi juga dilakukan dengan pemberian bahan makanan yang bergizi dalam bentuk kebutuhan pokok.

Madroi, camat Kecamatan Ketapang menyebut aktivitas olahraga jadi bagian adaptasi kenormalan baru. Optimisme untuk menjaga kesehatan, kebugaran tubuh jadi salah satu cara melawan Covid-19.

Melakukan olahraga dengan mengajak warga di pedesaan sekaligus upaya pendisiplinan protokol kesehatan. Pakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak dan PHB terus digencarkan ke setiap desa.

Lihat juga...