Pasokan Lancar Kunci Hadirkan Kesegaran Dugan Hijau dan Merah

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Minat akan dugan segar jenis cungap merah atau bibir merah didukung oleh rantai pasokan yang lancar. Safandi, pedagang dugan atau kelapa muda menyebut memiliki pemasok tetap dari pengepul di Lampung Selatan (Lamsel) dan Pesawaran. Ia memilih menyiapkan stok terbatas rata rata lima janjang atau tangkai setiap hari agar dugan selalu dalam kondisi segar.

Safandi tengah menyiapkan Dugan cungap merah yang dijual dalam kondisi segar dan juga kerap diminta pelanggan dalam kondisi direbus, Sabtu (4/7/2020). Foto: Henk Widi

Permintaan dugan cungap merah rata rata mencapai 20 hingga 50 butir perhari. Jenis hijau rata rata 40 butir per hari sehingga stok sebanyak 150 butir kerap disiapkan olehnya. Dugan cungap merah atau dikenal dengan dugan wulung bernama ilmiah cocos nucifera rusbescens dan dugan hijau cocos nucifera eburens. Keduanya diyakini memiliki khasiat kesehatan.

“Saya siapkan dugan yang masih segar dengan rentang penyimpanan maksimal dua hari jika lebih akan dibuang karena tingkat kesegaran menurun, penyiapan stok terbatas jadi solusi agar saat habis dikirim dugan merah dan hijau segar,” terang Safandi saat dikonfirmasi Cendana News, Sabtu (4/7/2020)

Ia menjual jenis dugan hijau seharga Rp8.000 per butir dan Rp10.000 untuk dugan cungap merah. Harga yang cukup terjangkau dengan jaminan kesegaran pasti.

“Saat stok habis saya langsung telepon dan segera dikirim sehingga selalu terjaga kesegaran dugan yang disajikan,” terang Safandi.

Sebagian buah dugan disajikan kepada konsumen dengan proses perebusan. Diberi tambahan tanaman herbal jenis serai, kapulaga, jahe, kencur, cengkeh dan rempah rempah memiliki khasiat yang cukup baik untuk kesehatan.

Maman, pengepul buah kelapa muda jenis merah dan hijau menyebut memasok sejumlah pedagang lokal. Kebutuhan dugan merah dan hijau kerap mencapai ratusan janjang dengan jumlah ribuan butir. Kelapa muda dibelinya dari petani seharga Rp2.000 dan bisa dijual kembali ke distributor seharga Rp5.000 per butir.

“Buah kelapa muda harus dipetik lengkap dengan janjang atau tangkai agar tetap segar bisa bertahan sepekan,” terangnya.

Dugan merah dan hijau menurutnya bisa jadi pilihan untuk menikmati kesegaran alami. Sebab daging buah dan air yang manis dengan penyajian tepat akan menjadi sumber kesegaran alami dan bagus untuk stamina tubuh.

Christeva, salah satu penyuka dugan memilih jenis cungap merah atau wulung. Rasa manis air kelapa muda dipadukan dengan gula aren dan es menambah kesegaran. Usai dipotong bagian buah ia bisa menikmati kesegaran air kelapa dan daging yang telah dikerok. Selain mengenyangkan menyantap daging buah, kesegaran alami air dugan bisa mengembalikan ion tubuh usai olahraga.

Lihat juga...