Pecak Ikan Patin, Makanan Sehat untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

PURWOKERTO — Di tengah pandemi, kita harus pandai-pandai memilih makanan yang sehat serta terjangkau, mengingat kondisi ekonomi yang juga terdampak. Salah satu pilihan makanan yang menjadi favorit adalah ikan, karena selain harganya terjangkau juga kaya akan kandungan gizi yang bisa memperkuat imunitas tubuh.

Penggemar ikan patin, Evi di Purwokerto, Sabtu (11/7/2020). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Ikan yang banyak digemari masyarakat, terutama kaum ibu adalah ikan patin, sebab tekstur dagingnya lembut dan kaya akan protein. Harganya juga murah dan bisa dimasak beragam jenis.

“Kalau masak ikan pilih ikan patin, karena durinya tidak banyak dan tekstur dagingnya lembut. Paling sering dimasak pecak, karena mudah dan rasanya enak, semua keluarga suka,” kata Evi, ibu rumah tangga di Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Sabtu (11/7/2020).

Memasak pecak ikan patin cukup mudah. Pertama ikan dibersihkan dan diberi bumbu lalu digoreng. Setelah itu disiapkan bumbu sambal untuk dituangkan di atasnya, yaitu terdiri dari irisan bawang putih, bawang merah, cabai rawit dan jahe. Irisan bumbu digoreng sebentar dan diberi gula, garam serta kecap sesuai selera. Dalam kondisi masih panas, bumbu tersebut dituangkan di atas ikan patin yang sudah digoreng.

Evi menuturkan, satu ekor ikan patin ukuran sedang, bisa untuk makan 2-3 orang. Ia biasanya memasak cukup satu ekor, karena ikan patin lebih enak dimasak secara mendadak saat hendak disantap.

Hal serupa juga dituturkan Anjar Asmara, warga Kota Purwokerto. Menurutnya, manfaat ikan patin cukup banyak, antara lain kandungan lemak tak jenuhnya yang bisa mencegah berbagai macam penyakit serta menurunkan kolesterol. Dan ikan patin juga kaya akan protein yang mampu memperkuat imunitas tubuh.

“Di tengah pandemi seperti sekarang ini, sangat penting untuk selalu meningkatkan imunitas tubuh kita. Selain berolahraga, asupan makanan juga harus dijaga. Salah satu pilihan keluarga saya adalah hidangan ikan dan yang paling digemari ya ikan patin,” tuturnya.

Selain dimasak sambal pecak, Anjar mengatakan, ikan patin juga enak dibuat hidangan sup ataupun gulai dan asem-asem ikan patin.

“Durinya tidak banyak, jadi dimasak apa saja enak, kalau yang segar dibuat asem-asem ikan patin. Tetapi yang paling disukai memang pecak sambal, karena pedas dan rasa daging ikannya lebih keluar,” tuturnya.

Menurut Anjar, ia harus pandai-pandai memilih menu untuk keluarga, karena harus berhemat. Sehingga hidangan serba ikan menjadi salah satu pilihannya, terlebih saat ini harga ayam sedang melambung.

Lihat juga...