Pemekaran Cianjur Selatan Mendapatkan Kesepakatan

Sejumlah tokoh warga selatan Cianjur, Jawa Barat, melakukan sujud syukur atas penandatanganan bersama Pemkab Cianjur dan DPRD Cianjur, terkait terbentuknya DOB Cianjur Selatan menjadi kabupaten mandiri akan segera terwujud, Minggu (12/7/2020) – Foto Ant

CIANJUR – Pemkab dan DPRD Cianjur, Jawa Barat, menandatangani kesepakatan, mendukung pemekaran kawasan Cianjur Selatan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB). Hal tersebut dicapat pada rapat paripurna, dalam rangka Hari Jadi ke-343 Cianjur, yang berlangsung di ruang rapat paripurna DPRD Cianjur, Minggu (12/7/2020).

Suasana haru dan suka cita, langsung terlihat dari raut wajah peserta dan tamu undangan yang hadir dalam rapat paripurna tersebut. Terutama, berbagai kalangan warga Cianjur Selatan yang tergabung dalam Paguyuban Masyarakat Cianjur Kidul (PMCK), karena harapan mereka untuk menjadi kabupaten mandiri segera terwujud.

“Mimpi masyarakat selatan Cianjur untuk memiliki kabupaten sendiri tinggal beberapa langkah karena bupati dan DPRD Cianjur, sudah sepakat dan menyetujui pemekaran Cianjur Selatan,” kata Ketua PMCK, Ceng Badri, seusai mengikuti rapat paripurna, Minggu (12/7/2020).

Ditandatanganinya surat kesepakatan bersama, mendukung pemekaran Cianjur Selatan menjadi kabupaten mandiri terpisah dari Kabupaten Cianjur, adalah puncak dari perjuangan tokoh Cianjur Selatan. Perjuangan yang telah dilakukan selama belasan tahun terakhir.

PMCK, akan segera menyiapkan berbagai keperluan, guna mendukung terbetuknya DOB. Seperti pemenuhan syarat administrasi yang belum lengkap, dan merapatkan kembali panitia persiapan DOB Cianjur Selatan, sambil menunggu usulan yang akan diserahkan Bupati Cianjur ke pusat.

“Sambil menunggu, kami segera melakukan rapat dengan berbagai kalangan di selatan. Untuk ikut serta membantu menyiapkan berbagai keperluan, termasuk melengkapi syarat administrasi yang belum lengkap. Ini adalah kado terindah untuk warga Selatan Cianjur pada HJC ke-343,” tandasnya.

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama mendukung terbentuknya DOB Cianjur Selatan, merupakan kado terindah yang diberikan kabupaten induk pada warga di selatan Cianjur untuk mandiri.

Sehingga pembangunan diberbagai bidang di wilayah tersebut dapat terlaksana degan cepat, merata dan tepat sasaran. “Kami akan segera melayangkan surat dukungan terbentuknya DOB Cianjur Selatan ke pemerintah pusat dan provinsi untuk segera disetujui. Kami juga akan memenuhi kewajiban yang harus dilaksanakan kabupaten induk, sebagai bentuk mendukung berjalannya pemerintahan DOB,” katanya.

Bertepatan dengan HJC ke-343, kesepakatan tersebut menjadi kado terbaik Kabupaten Cianjur, kepada warganya yang ada di wilayah selatan. Warga yang selama ini berharap pemekaran daerah, agar pembangunan diberbagai bidang dapat lebih cepat dan merata hingga ke pelosok.

Ketua DPRD Cianjur, Ganjar Ramadan mengatakan, pihaknya akan terus mengawal keinginan warga selatan, untuk segera memiliki kabupaten sendiri, dengan nama Kabupaten Cianjur Selatan. Setelah ditandatanganinya surat kesepakatan bersama mendukung terbentuknya DOB, akan segera dilayangkan ke provinsi dan pusat untuk disetujui.

“Kami mendukung sepenuhnya keinginan warga selatan untuk mandiri, ketika kabupaten sudah terbentuk, harapan kami apa yang diimpikan warga terwujud dan pemerintahan yang terbentuk nantinya akan membawa Cianjur Selatan sebagai kabupaten yang maju dan terdepan dari berbagai bidang,” tandasnya. (Ant)

Lihat juga...