Penutupan Sementara RSUD Tulehu Maluku Diperpanjang

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku, Kasrul Selang – Foto Ant

AMBON – Pemprov Maluku memperpanjang kebijakan penutupan sementara aktivitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Ishak Umarella, di Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah.

Perpanjangan tersebut dilakukan hingga batas waktu yang tidak ditentukan. “Penutupan aktivitas pelayanan di RSUD Tulehu masih diperpanjang, karena masih banyak tenaga medis dan non medis yang terpapar COVID-19 belum sembuh,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku, Kasrul Selang, di Ambon, Senin (13/7/2020).

Penutupan sementara pelayanan di RSUD milik Pemprov Maluku itu dilakukan untuk periode pertama pada 14-26 Juni 2020. Namun berdasarkan hasil evaluasi, banyak tenaga medis terpapar COVID-19 dan belum sembuh, serta masih menjalani perawatan di RS tersebut. “Jadi sementara tidak melayani pasien umum. Hanya tenaga medis dan non medis yang terpapar COVID yang diisolasi di RS Tulehu. Total keseluruhan yang terpapar 37 orang, termasuk Direkturnya dr Dwi Murti Nuryanti,” kata Sekda Maluku tersebut.

Tercatat, hingga Senin (13/7/2020) masih tersisa 18 orang yang menjalani perawatan intensif di RSUD Tulehu. Mereka ditangani langsung oleh petugas medis yang ditugaskan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Maluku. Menurutnya, operasional RSUD tersebut baru akan dibuka untuk umum, jika seluruh petugas medis dan non medis dinyatakan sembuh dari pandemi tersebut.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, fokus untuk proses isolasi dan penyembuhan terhadap puluhan tenaga medis yang terpapar virus Corona. Hal itu dilakukan, mengingat RSUD Tulehu dipersiapkan sebagai penyangga, untuk melayani pasien COVID, dari sejumlah wilayah di kabupaten Maluku tengah, Seram Bagian Barat (SBB) dan Seram Bagian Timur (SBT).

Setelah seluruh tenaga medis dinyatakan sembuh, seluruh ruangan di RSUD tersebut akan disterilkan terlebih dahulu. Dan baru dibuka untuk melayani pasien umum, tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (Ant)

Lihat juga...