Penyelundupan Ribuan Liter BBM Bersubsidi di Konawe Selatan Berhasil Digagalkan

BBM ilegal sebanyak 1.400 liter yang akan diselundupkan dari Kabupaten Muna ke Kendari, Sulawesi Tenggara – foto Ant

KENDARI – Babinpotmar dari Pos TNI AL Torobulu, Kabupaten Konawe Selatan, menggagalkan upaya penyelundupan BBM ilegal jenis kerosin (minyak tanah). Kali ini adalah 1.400 liter minyak tanah yang diduga BBM bersubsidi dari Kabupaten Muna akan dijual ke Kendari, Sulawesi Tenggara.

Penggagalan tersebut berawal dari tidak dapat ditunjukannya surat atau dokumen pengangkutan BBM yang sah. Komandan Posal Torobulu, Letnan Laut Teknik Dadang NW menjelaskan, penangkapan itu berawal dari agenda patroli rutin yang dilakukan oleh Babinpotmar Posal Torobulu, Sersan Kepala Marinir Hasrin.

Kali ini patroli dilakukan di Pelabuhan Torobulu, yang sering menjadi tempat keluar masuknya barang-barang ilegal dari wilayah Sulawesi Tenggara daratan, menuju kepulauan-kepulauan kecil di wilayah itu. “Pada saat pengecekan, ditemukan satu kendaraan jenis bak terbuka dengan nomor registrasi DT 9876 AB. Kendaraan tersebut dinilai mencurigakan, karena mengangkut tumpukan kardus bekas namun terlihat sarat sekali akan muatan,” kata Dadang.

​Setelah berkoordinasi dengan petugas ASDP, diadakan penggeledahan dan ditemukan 70 galon berisi minyak tanah. Setiap galon berisi 20 liter minyak tanah, setelah dilaksanakan pengecekan lanjutan sopir mobil dengan inisial ES (23), tidak dapat menunjukkan dokumen resmi muatan. Dan mengaku BBM itu memang akan diselundupkan ke Kendari. “Selanjutnya barang bukti berupa mobil dan muatan minyak tanah diamankan di Pos TNI AL Torobulu, dan akan diserahkan ke petugas KP3 Torobulu dan Polres Konawe Selatan,” jelasnya.

Komandan Pangkalan TNI AL Kendari, Kolonel Laut Pelaut Andike Sry Mutia, mengapresiasi prestasi Babinpotmar Pos TNI AL Torobulu tersebut. Upaya penggagalan penyelundupan BBM ilegal oleh anggota Pos TNI AL Torobulu itu adalah bukti nyata, bahwa keberadaan berbagai Pos TNI AL di wilayah kerja Pangkalan TNI AL Kendari selalu membantu pemerintah daerah. “Ini adalah bukti jajaran Pangkalan TNI AL Kendari dalam melaksanakan pengamanan terutama di obyek-obyek vital dan selalu menjalin sinergitas yang solid dengan aparat pemerintah lain,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...