Percepat Pemulihan Ekonomi, Pemprov Lampung Siapkan Stimulus UMKM

BANDARLAMPUNG — Pemerintah Provinsi Lampung menyiapkan sejumlah kebijakan stimulus bagi pelaku UMKM untuk mempercepat pemulihan ekonomi Lampung.

“UMKM merupakan sektor penting dalam membangun kembali perekonomian kita, sehingga untuk mendorong UMKM kembali beroperasi telah ada sejumlah kebijakan stimulus yang disiapkan,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung, Agus Nompitu, saat dihubungi di Bandarlampung, Rabu (1/7/2020).

Agus Nompitu mengatakan, selama pandemi COVID-19, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung telah mencatat ada 1683 UMKM dan 80 koperasi yang terdampak COVID-19.

“Kita sudah mendata ternyata ada 1683 UMKM dan 80 koperasi terdampak COVID-19, sedangkan untuk menaikkan pertumbuhan perekonomian yang hanya berada di angka 1,73 persen di triwulan I, kita membutuhkan sektor UMKM dan koperasi,” kata Agus.

Ia menjelaskan, untuk mendorong sektor UMKM bangkit, Pemerintah Provinsi Lampung akan memberikan restrukturisasi dan relaksasi di bidang keuangan untuk menjaga stabilitas keuangan.

“Kami fasilitasi restrukturisasi kredit melalui Lembaga Penyaluran Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi dan UKM, yaitu dengan menambahkan dana bergulir, kemudahan akses, coverage penjaminan, suku bunga murah,” ucapnya.

Selain itu, ujar dia, kalangan pelaku UMKM juga akan menerima kemudahan dalam kredit, dan penundaan pajak selama enam bulan.

“Bagi UMKM yang memiliki pinjaman di bawah 10 milyar dan nasabah KUR, UMI atau pun di luar keduanya berkesempatan mendapatkan restrukturisasi pinjaman subsidi bunga dan angsuran, pemerintah juga memberi insentif pajak dari 0,5 persen saat ini di subsidi menjadi 0 persen,” ujar Agus. (Ant)

Lihat juga...