Positif Covid-19 di Indonesia Capai 64.958 Kasus

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Gugus Tugas Percepatan Penanganan kasus virus corona (Covid-19) kembali memperbaharui perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia.

“Hari ini kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 1.209 kasus baru, sehingga akumulasi pasien positif Covid-19 menjadi 64.958 kasus,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, saat jumpa pers di Gedung BNPB, Jakarta, Senin (6/7/2020).

Dari total kasus positif tersebut, kata Yuri ada penambahan jumlah pasien sembuh sebanyak 814 orang, demikian jumlah keseluruhan pasien sembuh sebanyak 29.919 orang. Pasien sembuh pun terus bertambah dari hari ke hari dan sebuah kabar yang menggembirakan di tengah meningkatkan penambahan kasus positif Covid-19.

“Selain itu untuk kasus positif yang meninggal hari ini ada penambahan sebanyak 70 orang, sehingga jumlah keseluruhan positif yang meninggal sampai hari ini menjadi 3.241 orang,” ujarnya.

Menurut Yuri, penambahan pasien positif ini berdasarkan hasil pemeriksaan 12.756 spesimen. Sehingga sampai saat ini, total pasien positif virus corona di Indonesia tembus di angka 64.958 orang. Untuk mencegah persebaran virus corona meluas, masyarakat selalu diminta disiplin mengenakan masker kain, menjaga jarak atau physical distancing saat berada di luar rumah, dan rajin mencuci tangan.

“Saat ini, mematuhi aturan protokol kesehatan tersebut adalah sebuah keharusan di masa transisi ini. Terlebih saat ini masyarakat sudah bisa ke luar rumah dan beraktivitas seperti biasa,” sebutnya.

Sementara itu pelacakan Covid-19 di Indonesia terus dilakukan melalui metode usap dahak. Sayangnya, kata Yuri per Senin (6/7/2020), pemerintah hanya bisa menguji 12.756 sampel spesimen, jauh dari target 20 ribu tes per hari.

“Seperti biasa, pada hari Senin, jumlah spesimen pasti turun drastis, karena beberapa laboratorium kita di hari Minggu tidak melaksanakan operasional, sehingga terbatas pemeriksaan jejaring,” jelasnya.

Pemeriksaan spesimen tersebut juga hanya dilakukan kepada 11.909 orang. Itu artinya, setiap orang bisa melakukan tes Covid-19 lebih dari satu kali. Di mana hingga saat ini, sudah memeriksa sebanyak 928.238 spesimen.

“Dari spesimen yang diuji hari ini, terdapat penambahan kasus positif corona sebanyak 1.209 orang. Hasil ini didapat dari uji swab metode PCR dan Tes Cepat Molekuler (TCM). Sehingga kasus terakumulasi positif di Indonesia sudah mencapai 64.958 orang,” ungkapnya.

Meski demikian, Yuri menyebut, kebanyakan pasien merupakan orang tanpa gejala. Keterisian rumah sakit hanya berada di kisaran 50 persen lantaran sebagian pasien bisa menjalani isolasi mandiri di rumah.

Lihat juga...