Potensi Hujan Lebat di Sulteng, Warga Diminta Waspada

Ilustrasi -Dok: CDN

PALU – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BKMG) melaporkan hampir semua wilayah di Sulawesi Tengah dalam beberapa hari ke depan ini masih akan diguyur hujan ringan sampai lebat.

“Bahkan di beberapa wilayah, selain hujan dengan intensitas tinggi juga disertai petir, sehingga perlu diwaspadai masyarakat yang memang berada di daerah-daerah yang rawan petir,” kata Affandi Nugraha dari BMKG Kota Palu, Senin (13/7/2020).

Ia menjelaskan, beberapa wilayah yang masih menghadapi cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan ini, antara lain Kabupaten Buol, Tolitoli, Morowali,Poso, Tojo Una-Una, Banggai, Donggala, Parigi Moutong, Kabupaten Sigi dan juga Kota Palu.

Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di Sulteng, baik dalam beberapa hari terakhir maupun ke depan merupakan hujan lokal.

Mengingat masih tingginya curah hujan di daerah ini, masyarakat diimbau untuk lebih berhati-hati lagi, terutama yang permukiman terletak dekat sungai kecil maupun besar dan perbukitan.

Dalam kondisi cuaca ekstrem, sangat mungkin terjadinya bencana alam banjir dan tanah longsor seperti yang sudah melanda beberapa wilayah di Sulteng dalam beberapa hari terakhir ini.

Pihaknya, juga rutin mengirimkan laporan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan sejumlah instansi sebagai informasi awal mengenai kondisi cuaca yang terjadi di seluruh wilayah Provinsi Sulteng. Informasi tersebut sangat penting, agar pemerintah maupun masyarakat bersama-sama dapat mengantisipasinya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulteng, Bartholomeus Tandigala membenarkan secara rutin, pihaknya mendapatkan laporan mengenai kondisi cuaca dari BMKG setempat untuk jangka waktu beberapa hari ke depan.

Informasi tersebut langsung ditindak lanjuti BPBD Provinsi Sulteng dengan melakukan berbagai langkah antisipasi, termasuk melakukan sosialisasi sampai ke kabupaten/kota di daerah ini.

Menurut dia, informasi cuaca sangat dibutuhkan BPBD, apalagi hampir seluruh wilayah di Sulteng rawan bencana alam banjir dan tanah longsor.

Dengan adanya informasi dari BMKG, seluruh jajaran BPBD di kabupaten/kota tentu siaga dan waspadai bencana alam.

Dia mengaku dalam beberapa pekan terakhir ini banyak daerah di Sulteng yang dilanda banjir dan sudah ditangani dengan cepat, termasuk di antaranya melakukan tanggap darurat seperti evakuasi dan juga menyalurkan bantuan logistik baik bahan makanan maupun tenda dan kebutuhan lainnya. (Ant)

Lihat juga...