Rapat Pleno Partai Berkarya, Bahas Pemenangan Pemilu 2024

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Ketua Umum Partai Berkarya, Hutomo Mandala Putra, menyebutkan dalam lingkungan yang kompetitif, strategi dan program aksi memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan kelangsungan hidup dan pertumbuhan organisasi.

“Strategi juga dapat dikatakan sebagai suatu rencana yang disatukan, menyeluruh dan terpadu yang mengaitkan keberadaan organisasi dengan lingkungan, yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama organisasi dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat,” kata Hutomo Mandala Putra yang karib disapa Tommy Soeharto, pada Rapat Pleno Partai Berkarya, di Gedung Granadi, Kuningan, Jakarta, Rabu (8/7/2020).

Dalam sambutannya,  Hutomo Mandala Putra juga mengizinkan dan memberikan restu kepada DPW untuk menegur, memberhentikan para anggota yang terlibat dalam rencana mengadakan Munaslub.

Tommy mengatakan ada oknum-oknum tertentu yang ingin menggembosi Partai Berkarya dengan akan mengadakan Munaslub.

“Atas izin dari semua kader Partai Berkarya hari ini, saya akan mengambil tindakan tegas untuk mencabut keanggotaan, sebagai pengurus, maupun sebagai majelis tinggi kepada oknum-oknum tersebut,” ucapnya,

Tommy berpesan agar semua harus merapatkan barisan, melakukan perbaikan-perbaikan, melakukan revitalisasi kepengurusan agar ke depannya Partai Berkarya makin solid.

Karenanya, strategi operasional dalam bentuk program aksi diupayakan untuk mencapai keunggulan bersaing. Bahwa organisasi dikatakan masih meraih suatu keunggulan apabila dapat memanfaatkan peluang-peluang dari lingkungannya, yang memungkinkan organisasi untuk menarik keuntungan-keuntungan dari bidang-bidang yang menjadi kekuatannya.

Termasuk aktivitas organisasi partai politik, strategi akan digunakan untuk meraih keunggulan yang berkelanjutan (sustainable competitive advantage) dalam mencapai tujuan politiknya. Berbagai prinsip manajemen dan pengelolaan sumber daya organisasi akan sangat luas penggunaan dan penerapannya, termasuk bagaimana sebuah organisasi politik meraih suara dari konstituennya atau masyarakatnya.

Sementara itu, Priyo Budi Santoso, Sekretaris Jenderal Partai Berkarya menambahkan bahwa Partai Berkarya, memiliki strategi operasional yang diwujudkan dalam rencana atau program aksi partai, disusun dengan menggunakan konsep yang efektif dan realistis, yang diharapkan dapat menjamin pencapaian pemenangan dalam kontestasi pemilu.

Dengan begitu, Partai Berkarya dapat terus berkontribusi dalam pembangunan bangsa, utamanya dalam mengaktualisasikan apa yang menjadi visi dan misi partai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Rapat pleno ini sudah memenuhi quorum karena dihadiri 33 DPP se-Indonesia, 45 DPW, Dewan Penasihat,  Dewan Mahkamah Tinggi, dan sudah dibuka oleh ketum,” katanya.

Dalam rapat pleno, Priyo melempar dan meminta pandangan, tanggapan kepada para peserta rapat pleno terkait presidium yang ingin melaksanakan Munaslub. Semua yang hadir menginginkan agar oknum-oknum tersebut diberhentikan secara tidak terhormat, dengan mencabut keanggotaan dari Partai Berkarya.

Lihat juga...