Restart NBA Tergantung Penyebaran COVID-19

Komisioner NBA, Adam Silver – Foto Ant

JAKARTA – Komisioner NBA, Adam Silver menyatakan, rencana kelanjutan NBA musim 2019/20 mulai 30 Juli nanti di Orlando bisa batal, jika temuan kasus positif COVID-19 di antara para pemain terus bertambah secara signifikan.

Apabila hanya ditemukan satu kasus baru, kemungkinan masih bisa diatasi. Namun, kondisi akan berubah menjadi masalah besar, apabila penyebaran justru terjadi saat para pemain tengah menjalani karantina di Orlando, Florida. Dan justru tercipta klaster penularan baru. “Tentu saja, jika ada penyebaran yang signifikan di kampus kami, NBA akan dihentikan lagi. Kondisi akan lebih memprihatinkan apabila pemain yang sedang menjalani karantina kemudian diuji dan hasilnya positif. Dari situ kami tahu bahwa ada celah dari persiapan yang sudah kami lakukan,” ujar Silver, Kamis (9/7/2020).

NBA sudah mempersiapkan berbagai skenario, untuk menghindari terjadinya penularan COVID-19 selama NBA musim ini berlanjut. Meski begitu, NBA tetap waspada, mengingat terjadi lonjakan kasus COVID-19 yang tajam di Florida. NBA musim 2019/20 dijadwalkan bakal dilanjutkan pada 30 Juli di Disney World Resort, Florida tanpa penonton. Sebanyak 22 tim yang tampil akan tinggal di kompleks tersebut, untuk menjalani karantina. Hal itu sebagai upaya NBA menghindari terjadinya penularan.

“Kami dapat menganalisis virus itu sendiri dan mencoba melacak apakah ada lebih dari satu kasus jika virus dengan variasi genetik yang sama menular dari satu pemain ke pemain lain. (Upaya) ini seharusnya berhasil,” pungkas Silver. (Ant)

Lihat juga...