Sassuolo Gasak Lecce 4-2 dan Merangsek ke Posisi 9

Pemain Sassuolo, Francesco Caputo (bernomor 9), saat menghadapi Atalanta pada 21 Juni 2020  - foto Ant

JAKARTA – Sassuolo melanjutkan tren mencetak gol luar biasa, saat menggasak Lecce 4-2, dalam laga Serie A, Minggu (5/7/2020) dini hari ini WIB. Untuk sementara, saat ini Sasuolo terkerek ke peringkat 9 klasemen Liga Italia.

Hanya butuh waktu lima menit, sejak laga dimulai, untuk memecah kebuntuan. Yaitu, ketika Francesco Caputo keluar dari jebakan offside, untuk menyambut umpan Manuel Locatelli di udara. Setelah sejenak mengontrol bola, diikuti melakukan lob, ketika kiper Gabriel sudah terlanjur maju. Barisan pertahanan Lecce, cuma bisa bengong menyaksikan gol pertama Sassuolo tersebut. Gabriel lalu menunjukkan instingnya yang luar biasa, ketika mementahkan upaya jarak dekat dari Gian Marco Ferrari, yang menyambut sepak pojok dengan sundulannya.

Namun Lecce berhasil menyamakan kedudukan dari set piece. Sebuah tendangan penjuru meluncur yang disambut kapten Fabio Lucioni, yang lepas dari kawalan, guna melesakkan tendangan voli dan masuk ke gawang Sassuolo. Domenico Berardi sempat menguji Gabriel, sedangkan Caputo gagal memaksimalkan umpan silang nan cerdas dari Locatelli di muka gawang Lecce. Neuhen Paz kemudian dinyatakan melakukan pelanggaran, setelah tarikan tangannya membuat Ferrari terjatuh.

Wasit menunjuk titik putih tanpa harus konsultasi dengan VAR. Domenico Berardi sukses menjalankan tugasnya sebagai algojo, guna merestorasi keunggulan Sassuolo setelah mengecoh Gabriel ke arah lain. Sekitar 30 detik kemudian, Marlon mengganjal Khouma Babacar, yang sepertinya di luar kotak penalti namun VAR menyatakan itu terjadi di dalam kotak penalti. Marco Mancosu masuk sebagai pemain pengganti, selagi mereka menantikan putusan VAR. Dia menjadi eksekutor penalti, dan memperdaya kiper Sassuolo Andrea Consigli.

Lecce berpeluang unggul, ketika Filippo Falco hampir menciptakan gol. Jeremie Boga justru yang membawa Sassuolo kembali unggul. Mert Muldur kemudian menggenapkan kemenangan Sassuolo pada menit ke-83, yang merupakan gol terakhir dalam thriller enam gol pertandingan tersebut. Kemenangan ini untuk sementara melesatkan Sassuolo ke posisi sembilan melewati Bologna, Parma dan Cagliari. Saat ini Sassuolo mengemas 40 poin. Sedangkan Lecce tetap di tiga terbawah pada peringkat 18 dengan 25 poin. (Ant)

Lihat juga...