Satu Pedagang Positif, Pasar Pahing Kediri Ditutup Tiga Hari

Tim medis melakukan rapid test pada pedagang di Pasar Pahing, Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (9/7/2020) – Foto Ant

KEDIRI – Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, memutuskan untuk menutup operasional Pasar Pahing selama tiga hari, menyusul temuan salah seorang pedagang di pasar tersebut positif COVID-19.

“Pasar Pahing kami tutup tiga hari mulai besok (Jumat, Sabtu, dan Minggu) untuk dilakukan sterilisasi,” kata Direktur Utama PD Pasar Joyoboyo Kota Kediri, Ichwan Yusuf, Kamis (9/7/2020).

Saat ini, tim medis telah melakukan rapid test di Pasar Pahing Kota Kediri. Ada sekira 70 orang, yang terdiri dari pegawai dan pedagang pasar ikut test cepat tersebut. Jika dari hasil ada yang reaktif, maka akan langsung mendapatkan tes swab.

Ichwan menegaskan, sebenarnya di pasar telah ditetapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran COVID-19. Namun, jika memang ada temuan yang positif, protokol kesehatan akan lebih diperketat lagi. Selain di Pasar Pahing, Kota Kediri, seluruh pasar tradisional di Kota Kediri juga mendapatkan perlakuan yang sama. Juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“PD Pasar Joyoboyo akan menerapkan pengetatan protokol masuk Pasar Pahing dan delapan pasar tradisional lainnya. Protokol kesehatan meliputi pemakaian masker, cuci tangan dengan sabun, cek suhu badan, dan jaga jarak. Hal tersebut berlaku kepada semua yang ada di pasar termasuk pedagang, petugas, dan pengunjung pasar,” jelas Ichwan.

Protokol kesehatan tersebut selain disampaikan dalam bentuk imbauan langsung. Juga akan ada tambahan gambar serta audio visual, untuk terus mengingatkan masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan.

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Kediri, sebelumnya telah mengungkapkan adanya tambahan pasien positif COVID-19 di daerahnya. Salah satu pasien adalah pedagang di Pasar Pahing, Kediri. Kasus tersebut terungkap pada Rabu (8/7/2020). Yang bersangkutan masuk klaster Banyakan, dan bekerja di Pasar Pahing Kota Kediri. Pada Kamis (9/7/2020), juga kembali terdapat satu warga yang dinyatakan positif COVID-19.

Secara total kasus yang ada di Kota Kediri kini menjadi 65 orang. Dari jumlah itu, 14 masih dirawat, 50 sudah dinyatakan sembuh dan satu orang dinyatakan meninggal dunia. Sedangkan, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) ada 486, pasien dalam pengawasan (PDP) 59. (Ant)

Lihat juga...