Sumur Bor Tingkatkan Fasilitas Sanitasi Masyarakat Lamsel

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Pembuatan fasilitas sumur bor jadi penunjang peningkatan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM).

Tumenggung Lekok, Kepala Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan (Lamsel) menyebut selama ini warga kesulitan air bersih. Saat kemarau warga harus mencari air bersih dari lokasi yang jauh untuk kebutuhan mandi, cuci, kakus (MCK).

Tumenggung Lekok,Kepala Desa Hatta Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan saat dikonfirmasi, Jumat (17/7/2020) – Foto: Henk Widi

Fasilitas sumur bor menurut Tumenggung Lekok menjadi fasilitas vital bagi masyarakat. Keberadaan sumur bor untuk penyediaan akses air bersih mendukung sanitasi lingkungan. Keberadaan air bersih untuk kebutuhan sanitasi menurutnya sangat diperlukan bagi ratusan warga setempat. Air bersih yang lancar membantu untuk penyediaan jamban sehat.

Fasilitas jamban sehat menurutnya menjadi salah satu program STBM desa setempat. Keberadaan jamban sehat menjadi bagian program desa untuk meminimalisir buang air besar sembarangan atau open defecation free (ODF). Tersedianya akses air bersih yang lancar mendapat tambahan dari program tentara manunggal membangun desa (TMMD) dengan sejumlah sasaran.

“Melalui kegiatan TMMD oleh Kodim 421 Lampung Selatan desa kami bisa meningkatkan fasilitas kesehatan, infrastruktur jalan, sanitasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang selama ini tidak tersentuh pembangunan,” terang Tumenggung Lekok saat ditemui Cendana News, Jumat (17/7/2020).

Tumenggung Lekok menambahkan fasilitas sumur bor disalurkan melalui sejumlah pipa. Bak penampungan air akan memudahkan distribusi pada rumah warga untuk kebutuhan harian.

Sejumlah warga yang belum memiliki fasilitas sanitasi jamban sehat telah mendapat dukungan dari desa. Sesuai dengan arahan Dinas Kesehatan, jamban sehat wajib disediakan pada setiap rumah.

Penyediaan air bersih menurutnya sangat diperlukan untuk ratusan warga di wilayah tersebut. Terlebih saat masa pandemi Corona atau Covid-19 belum berakhir aktivitas cuci tangan pakai sabun (CTPS) digencarkan. Penyediaan fasilitas air bersih menurutnya akan mendukung upaya gugus tugas penanganan Covid-19.

Fasilitas sumur bor program TMMD ke-10 Kodim 421 Lampung Selatan ditempatkan pada lokasi strategis. Sumur bor tambahan ditempatkan tepat di dekat masjid untuk kebutuhan air wudu, kamar mandi dan water closet (WC). Saluran air bersih untuk kebutuhan sanitasi dimanfaatkan bagi Posyandu dan pos kesehatan yang dibangun.

“Posyandu dan pos kesehatan yang disediakan mendukung peningkatan kesehatan balita, ibu menyusui dan ibu hamil,” terang Tumenggung Lekok.

Kapten Infanteri Sukandi, ketua tim asistensi TMMD Ke-108 menyebut pembuatan sumur bor ditempatkan di dekat musala. Tower disiapkan untuk menampung air bersih yang berasal dari sumur bor di wilayah tersebut. Sejumlah kran air akan ditempatkan pada lokasi tower air untuk memudahkan warga. Sebab mendekati musim kemarau warga mengalami kesulitan air bersih.

Kapten Inf Sukandi (kanan), ketua tim asistensi Kodim 421 Lampung Selatan dalam kegiatan TMMD ke-108 melakukan proses pembuatan tower air untuk menyiapkan sanitasi layak bagi masyarakat Dusun Merut, Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat (17/7/2020) – Foto: Henk Widi

Tambahan fasilitas air bersih menurutnya akan meningkatkan program sanitasi. Keberadaan fasilitas sanitasi yang memadai ikut mendorong masyarakat untuk menyediakan fasilitas jamban sehat. Kehadiran TMMD ke-108 di desa Hatta menjadi motor penggerak untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan mendukung peningkatan derajat kesehatan.

“Kehadiran TMMD dengan menyediakan fasilitas air bersih akan mendukung kegiatan sanitasi di masyarakat,” terang Kapten Inf Sukandi.

Fatonah, salah satu warga menyebut sangat terbantu penyediaan air bersih melalui pembuatan sumur bor. Sumur bor membantu dirinya dan ratusan warga lain untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Warga juga lebih mudah untuk menyediakan sarana jamban sehat yang disediakan secara swadaya.

Program jamban sehat telah dibuat pada sejumlah rumah warga menghindari buang air besar sembarangan. Melalui fasilitas sumur bor kebutuhan warga akan air bersih lebih mudah ditingkatkan.

Sebab dengan adanya sumur bor warga bisa mengakses air bersih tanpa harus membeli terutama saat musim kemarau. Fatonah hanya menyediakan kran dan bak penampungan untuk penyediaan air bersih.

Lihat juga...