Target Pajak Walet BKD Mukomuko Mencapai Rp100 Juta

Rumah walet, ilustrasi - Dok: CDN

MUKOMUKO – Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak sarang burung walet tahun ini mencapai Rp100 juta.

Sekretaris BKD Kabupaten Mukomuko, Kasimin mengatakan, target PAD dari pajak sarang burung walet tahun ini meningkat drastis dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tahun lalu targetnya hanya sebesar Rp10 juta. “Target PAD dari pajak sarang burung walet tahun ini ada kenaikan drastis, karena realisasi pendapatan dari pajak sarang burung walet tahun sebelumnya sebesar Rp42 juta, melebihi dari target yang ditetapkan sebesar Rp10 juta,” ujarnya, Senin (6/7/2020).

Menurutnya, karena realisasi pendapatan dari pajak sarang burung walet tahun sebelumnya tinggi, membuat anggota DPRD setempat mendukung instansi terkait, untuk menaikkan target pajak sarang burung walet. Namun, realisasi pendapatan pajak sarang burung walet terhitung sejak Januari 2020 sampai sekarang masih kecil. “Baru Rp11 juta, karena dampak pandemi COVID-19 sejak beberapa bulan terakhir,” tandasnya.

Kendati demikian, petugas dari bidang pendapatan instansi tersebut akan tetap berupaya melakukan penagihan pajak sarang burung walet kepada para pelaku usaha sarang burung walet yang ada di daerah itu. tercatat sedikitnya terdapat 30 objek pajak sarang burung walet, yang tersebar di sejumlah kecamatan di daerah itu. Penagihan pajak sarang burung walet dilakukan setiap periode tiga bulan dan enam bulan.

Sedangkan besaran pajak 10 persen dari penghasilan, atau dari hasil penjualan sarang burung walet, sesuai dengan aturan di daerah itu. Besaran pajak sarang burung walet bagi setiap pemilik usaha berdasarkan laporan pendapatan atau hasil penjualan sarang burung walet dari pemilik.

Ke depan, instansinya perlu melakukan pengawasan dan menjalin kerja sama dengan para penjual sarang burung walet, guna mendapatkan data akurat tentang jumlah penghasilan pemilik sarang burung walet di daerah setempat. (Ant)

Lihat juga...