Tempat Wisata TN Kelimutu di Flores Kembali Ditutup

ENDE — Setelah ditutup sejak merebaknya wabah Corona Minggu (22/3/2020), Taman Nasional Kelimutu (TN Kelimutu) di Kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan pesona Danau Kelimutu, danau tiga warna di puncak gunung ini mulai dibuka.

Warga Kota Maumere Kabupaten Sikka, NTT, Agustu da Costa yang mengunjungi TN Kelimutu ketika dilakukan simulasi saat ditemui di rumahnya, Minggu (5/7/2020). Foto : Ebed de Rosary

Pembukaan pada Jumat (26/6/2020) hingga Minggu (28/6/2020) tersebut dilakukan untuk kepentingan simulasi di era new normal namun jumlah pengunjung membludak.

“Waktu kami sekeluarga ke Kelimutu, banyak sekali warga yang berwisata ke tempat ini meskipun sedang simulasi saja,” kata Agustu da Costa, warga Kota Maumere Kabupaten Sikka, NTT, Minggu (5/7/2020).

Agus sapaannya menjelaskan, pengunjung yang datang kebanyakan berasal dari Kabupaten Ende dan Sikka yang lokasinya dekat dengan danau ini.

Banyak keluarga kata dia, yang memanfaatkannya untuk berlibur setelah selama ini terkurung di rumah akibat wabah Covid-19 merebak.

Kondisi ini membuat pihak pengelola TN Kelimutu pun sempat kewalahan karena pengunjung membludak bahkan jalan ke lokasi ini macet.

“Banyak sekali pengunjung yang datang ke sana sehingga mobil harus berjalan pelan dan terjebak macet saat menanjak menuju puncak lokasi TN Kelimutu,” ungkapnya.

Agus berharap agar pihak pengelola lebih memperketat pengunjung yang akan datang ke lokasi wisata ini dan mengaturnya lebih baik sehingga jangan menimbulkan kerumunan orang.

Kepala Taman Nasional Kelimutu Agus Sitepu mengatakan, setelah dibuka untuk simulasi pihaknya akan melakukan evaluasi dan pembenahan terkait dengan pengaturan pengunjung.

Agus menyebutkan pihaknya mematok jumlah pengunjung sehari sebanyak 200 orang atau 30 persen saja dari situasi normal kunjungan sebelum pandemi Covid-19 mulai merebak.

“Kami membagi pengunjung dalam dua gelombang yakni gelombang pertama dimulai pukul 05.00 sampai 11.00 WITA. Sedangkan untuk gelombang kedua mulai pukul 11.00-17.00 WITA,” jelasnya.

Setelah simulasi tambah Agus, TN Kelimutu ditutup kembali sejak Senin (29/6/2020) hingga batas waktu yang belum ditentukan. Hal ini kata dia karena pihak pengelola sedang membuat berbagai aturan terkait kunjungan.

Agus berharap dalam waktu dekat TN Kelimutu bisa dibuka kembali namun pihaknya selaku pengelola pun meminta masyarakat adgar mentaati berbagai protap yang ditetapkan pemerintah.

Lihat juga...