Tim Katak Bersihkan Sampah di Area Wisata Curug Parigi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Tim Katak Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Bekasi, melakukan pembersihan sampah plastik di areal wisata Curug Parigi, di Kampung Parigi, Kelurahan Cikiwul, Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat.

“Sampah plastik yang ditinggalkan pengunjung harus diperhatikan. Ini kami bersihkan tapi ke depan harus ada perhatian dari pengunjung agar tidak membuang sampah plastik di areal Curug Parigi,” ujar Tri Adhianto, Wakil Wali Kota Bekasi, Rabu (8/7/2020).

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, bersama tim Dinas Pariwisata melihat langsung lokasi wisata Curug Parigi, Rabu (8/7/2020) – Foto: Muhammad Amin

Tri Adhianto meninjau langsung lokasi wisata Curug Parigi, didampingi Dinas Pariwisata. Kehadirannya, untuk melihat potensi pariwisata alam di wilayah Cikiwul yang  banyak dikunjungi warga.

Melihat banyaknya tumpukan sampah plastik di bibir sungai Curug Parigi, dirinya langsung menghubungi Dinas LH untuk menurunkan Tim Katak guna mengangkat sampah di lingkungan setempat.

Melihat banyaknya sampah di areal Curug Parigi ia langsung meminta Tim Katak LH tersebut, selama satu minggu ke depan untuk melakukan pengangkatan dan membersihkan semua sampah baik di areal bibir sungai ataupun di dalam Kali Bekasi tempat wisata alam tersebut.

Mas Tri, sapaannya, juga meminta pemuda di Kampung Parigi, untuk lebih memperbanyak tong sampah di areal wisata agar memudahkan pengunjung tidak membuang sampah sembarangan.

Dalam kunjungan tersebut Dinas Pariwisata Kota Bekasi, melakukan pengukuran jalan. Hal itu berkenaan dengan rencana paving jalur turunan menuju lokasi Curug Parigi. Sehingga saat hujan pengunjung bisa tetap turun ke lokasi Curug.

“Untuk sementara lokasi wisata Curug Parigi dilakukan pembersihan. Nanti ke depan akan dilakukan pengembangan seperti tempat lainnya agar lebih menarik,” tegas Mas Tri.

Dalam kesempatan itu dia mengajak warganya memanfaatkan lokasi wisata Curug Parigi bersama keluarga. Selain tempatnya teduh, Curug Parigi memiliki nuansa air yang eksotik di perbatasan Kota Bekasi.

Terpisah Bang Bono, Pengurus Karang Taruna Cikiwul, berharap kehadiran Wali Wali Kota Bekasi di Curug Parigi, bisa memberi perbaikan bagi tempat wisata yang selama ini dikelola secara swadaya oleh warga dan pemuda tempatan.

“Alhamdulillah dibantu Tim Katak tumpukan sampah di areal wisata Curug yang berada di bawah mulai dibersihkan. Kami pemuda membersihkan areal pedagang di atas,” ujarnya.

Dikatakan Bono, setelah tempat wisata Curug Parigi dibuka untuk dikunjungi, jumlah yang hadir terus mengalami peningkatan setiap akhir pekan. Selama ini memang banyak yang mengeluh soal sampah plastik yang memenuhi bibir sungai menuju Curug Parigi.

“Sebenarnya sampah plastik itu bukan dari pengunjung saja. Karena pengunjung selalu diingatkan. Tapi sampah plastik tersebut banyak kiriman saat debet air tinggi. Curug Parigi adalah aliran Kali Cileungsi,” pungkasnya.

Lihat juga...