Tingkatkan Kenyamanan, TMII Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengunjung, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bersinergi dengan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI melakukan penyemprotan di kawasan wisata budaya yang dibangun oleh Ibu Negara Raden Ayu Fatimah Siti Hartinah atau Ibu Tien Soeharto.

Penyemprotan disinfektan ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 di kawasan TMII.

Direktur Utama TMII, Tanribali Lamo mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini manajemen TMII terus berupaya menerapkan protokol kesehatan secara optimal, salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri yang rutin di kawasan TMII. Seperti halnya penyemprotan di area Taman Burung TMII, Dunia Air Tawar, museum dan lainnya.

Sedangkan untuk cakupan yang luas menyeluruh, maka penyemprotan dilakukan atas sinergi dengan Gulkarmat DKI.

“Kami rutin lakukan strelisasi dengan penyemprotan mandiri. Tapi untuk penyemprotan menyeluruh seluas 130 hektar kawasan TMII ini, kami dibantu oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI,” ujar Tanri dalam sambutannya di area Plaza Tugu Api Pancasila TMII, Jakarta, Senin (13/9/2020) sebelum penyemprotan dimulai.

Direktur Utama TMII, Tanribali Lamo (tengah barisan depan) dan Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan (kiri ujung) pada acara persiapan penyemprotan disinfektan di area Plaza Tugu Api Pancasila TMII, Jakarta, Senin (13/7/2020). -Foto: Sri Sugiarti.

Menurutnya, penyemprotan disinfektar di kawasan wisata ini sejalan dengan imbauan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.  “Penyemprotan ke semua area TMII ini yang keempat kalinya dilakukan sejalan imbauan Pak Guberbur,” ujarnya.

Tanri menyampaikan, pihaknya terus menerapkan protokol kesehatan secara optimal. Dan juga terus mengingatkan pengunjung agar wajib mematuhi protokol kesehatan selama berada di area TMII. Seperti memakai masker dan jaga jarak.

“Kita (petugas TMII) sudah siap, tetapi pengunjung kadang tidak siap. Jadi kita berupaya seoptimal mungkin mengingatkan mereka mempersiapkan diri untuk mematuhi protokol kesehatan saat berada di TMII,” ujarnya.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan menambahkan, kegiatan penyemprotan ini dilakukan menindaklanjuti permohonan dari managemen TMII.

Menurutnya, penyemprotan disinfektan di kawasan TMII sudah yang keempat kalinya dilaksanakan. “Ada 60 personel yang kami kerahkan dalam penyemprotan hari ini, tujuannya untuk strelisasi mencegahan penularan Covid-19,” ujarnya.

Dia menegaskan, bahwa penyemprotan disinfektan ini salah satu bagian dari upaya dan pelayanan masyarakat di tengah kondisi pandemi Covid-19, saat ini. Apalagi TMII merupakan ikon objek wisata nasional yang harus memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung.

Penyemprotan disinfektan di area Taman Legenda Keong Emas TMII, Jakarta, Senin (13/7/2020). -Foto: Sri Sugiarti

“TMII ini ikon wisata nasional, guna kenyamanan pengunjung kami bantu melaksanakan sterilisasi dan disinfektan untuk pencegahan penularan Covid-19 di kawasan ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sebanyak 12 mobil pemadam kebakaran (damkar) berkapasitas 4.000 liter dikerahkan untuk melakukan penyemprotan di objek wisata seluas 130 hektare tersebut.

Selain itu, 20 sprayer atau alat semprot gendong juga digunakan dalam penyemprotan hari ini. Penyemprotan menyasar seluruh jalan, anjungan daerah, museum, Taman Legenda Keong Emas, kantor pengelola dan gedung utama Sasono Langgeng Budoyo dan masih banyak titik lainnya.

Lihat juga...