Titiek Soeharto Bantu APD Sejumlah Rumah Sakit di Solo

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SOLO – Putri Presiden Kedua RI, HM Soeharto, Siti Hediati Hariyadi, atau akrab disapa Titiek Soeharto, melakukan kunjungan ke Solo pada Senin (6/7/2020). Kunjungan dilakukan di dua rumah sakit rujukan Covid-19 yakni di RSUD Dr. Moewardi dan RS UNS Surakarta.

Di dua rumah sakit tersebut, Titiek Soeharto menemui para dokter dan paramedis. Selain memberikan semangat dan dorongan bagi garda terdepan penanganan Covid-19 itu, Titiek Soeharto juga memberikan bantuan berupa APD bagi kedua rumah sakit tersebut.

Titiek Soeharto didampingi para dokter dan paramedis saat mengunjungi RSUD Dr. Moewardi Surakarta, Senin (6/7/2020) – Foto: Jatmika H Kusmargana

Total ada 100 APD set yang diberikan Titiek Soeharto, yakni 50 APD set untuk RSUD Dr. Moewardi dan 50 APD set untuk RS UNS Surakarta.

“Kita berikan bantuan APD ini karena sangat dibutuhkan sekali bagi dokter maupun paramedis. Mungkin ini tidak banyak, tapi semoga bisa bermanfaat,” ujar Titiek Soeharto, Senin (6/7/2020).

Dalam kesempatan itu, Titiek sendiri mengungkapkan rasa terima kasih, sekaligus memberikan penghargaan setinggi-tingginya bagi semua dokter maupun tenaga medis di Indonesia. Selama ini telah mendarmabaktikan tenaga, waktu, dan pikiran dalam membantu masyarakat melawan Covid-19.

“Bagaimana pun selama ini dokter dan paramedis telah banyak berkorban dengan meninggalkan keluarga, bahkan ada yang juga ikut menjadi korban. Kami doakan mudah-mudahan khusnul khatimah. Sementara dokter yang masih berjuang tetap diberikan kesehatan dan kekuatan lahir batin dalam menjalankan tugasnya,” paparnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Dr. Moewardi Surakarta, Dr. dr. Cahyono Hadi, Sp OG, mengaku, berterima kasih banyak atas bantuan APD set yang diberikan Titiek Soeharto. Ia menyebut, adanya bantuan ini akan menambah stok APD yang ada di RSUD Dr. Moewardi, dan tentu akan sangat berguna bagi seluruh tenaga dokter maupun paramedis.

“Kami mengucapkan banyak terima pada Ibu Titiek Soeharto. Dengan adanya donasi dari berbagai pihak seperti ini, kebutuhan APD di sini akan bisa tercukupi. Semoga pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir dan semua dapat normal kembali,” ungkapnya.

RSUD Dr. Moewardi Surakarta sendiri merupakan RS rujukan utama Covid-19 yang ditunjuk pemerintah. Namun karena terletak di perbatasan, Rumah Sakit ini juga menerima pasien Covid-19 dari luar Jawa Tengah. Seperti sejumlah kota di Jawa Timur bagian barat.

RSUD Dr. Moewardi menyiapkan sebanyak 110 tempat tidur bagi pasien Covid-19. Serta berbagai fasilitas khusus seperti kamar operasi, cuci darah, hingga ruang melahirkan khusus pasien Covid-19.

Sedangkan RS UNS, meski bukan rumah sakit rujukan utama Covid-19, merupakan pusat rujukan laboratorium pemeriksaan tes Covid-19. Pihak rumah sakit ini menyiapkan 24 tempat tidur bagi pasien Covid-19 yang terdapat di dua bangsal. Termasuk sejumlah ruang khusus isolasi.

Lihat juga...