UTBK di Unsoed Purwokerto Diikuti 16.666 Peserta

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Rektor Unsoed, Prof Dr Suwarto MS di ruang kerjanya, Sabtu (4/7/2020). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

PURWOKERTO — Sebanyak 16.666 calon mahasiswa akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Ujian akan mulai dilaksanakan Minggu (5/7/2020) dan dibagi dalam dua tahap untuk menjaga social distanching.

Rektor Unsoed, Prof Dr Suwarto MS mengatakan, pelaksanaan UTBK akan dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama mulai tanggal 5 Juli 2020 sampai dengan 14 Juli 2020 dan tahap kedua mulai tanggal 20 Juli 2020 sampai dengan 29 Juli 2020.

“Dari data peserta di pusat UTBK 351 Unosed, total ada 16.666 orang peserta yang akan mengikuti UTBK di Unsoed. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.239 diantaranya adalah peserta dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP),” jelas Rektor, Sabtu (4/7/2020).

Rektor menekankan, UTBK ini akan dilaksanakan dengan penerapan prosedur pencegahan Covid-19. Dimana seluruh peserta wajib menggunakan masker, sarung tangan, baju lengan panjang dan dianjurkan juga untuk menggunakan face shield.

Ketua Panitia UTBK Unsoed, Krisnhoe Maya Woelandari mengatakan, untuk teknisnya, ujian akan dilakukan dalam dua sesi setiap harinya. Sehingga dalam satu sesi, kurang lebih ada 440 orang peserta. Mereka ditempatkan pada delapan lokasi yang berbeda. Sehingga setiap ruangan, jumlahnya tetap terpantau dan menerapkan physical distanching.

“Untuk sesi pertama akan dilakukan mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.15 WIB, dan sesi kedua dimulai siang hari, pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.15 WIB,” jelasnya.

Pada setiap sesi, lanjut Maya, masing-masing lokasi dapat melayani 25 sampai dengan 140 peserta sesuai dengan ketersediaan jumlah ruangan masing-masing. Delapan lokasi Ujian di Pusat UTBK 351 Universitas Jenderal Sodirman yaitu di Fakultas ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Peternakan, Fakultas MIPA, Laboratorium Terpadu, Jurusan Kedokteran Gigi dan Laboratorium Komputer Fakultas Kedokteran. Materi yang diujikan dalam UTBK 2020 hanya Tes Potensi Skolastik (TPS).

“Para peserta UTBK diharapkan telah mencetak ulang kartu peserta yang juga berisi rincian perlengkapan dan aktivitas yang dilakukan sampai pelaksanaan ujian selesai. Dalam mengikuti UTBK peserta juga wajib mengikuti prosedur pencegahan covid-19. Untuk pengantar peserta hanya diijinkan diantar sampai dropzone yang ditetapkan, diarahkan untuk diukur suhu menggunakan termo-gun, cuci tangan, dan mengisi form riwayat perjalanan yang telah disiapkan oleh panitia,” terangnya.

Peserta UTBK yang berasal dari luar Jawa Tengah ataupun dari Kota/Kabupaten di Jawa Tengah yang berstatus zona merah atau yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maka wajib membawa surat keterangan Rapid Test yang masih berlaku.

Lihat juga...