Wapres: Peran Tokoh Agama Kunci Keberhasilan Penerapan AKB

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin menegaskan, peran tokoh agama merupakan kunci penting bagi keberhasilan penerapan kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang telah diterapkan oleh pemerintah dalam upaya  mencegah penularan pandemi Covid-19.

Menurutnya, AKB ini telah diterapkan dengan disiplin ketat di beberapa daerah dan diharapkan  mampu menurunkan angka kasus penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Dalam ini pula, Ma’ruf meminta tokoh lintas agama dapat berperan aktif mendukung kebijakan AKB tersebut dengan menggerakkan umat beragama untuk selalu mentaati protokol kesehatan.

“Saya ingin mengajak para tokoh lintas agama untuk selalu mengingatkan umat agar mematuhi protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru ini,” kata Ma’ruf dalam sambutannya pada Dialog Nasional Lintas Iman : Peran dan Tantangan Agama di Masa dan Pasca Pandemi’ yang digelar Badan Pengelola Masjid Istiqlal secara virtual di Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Dia menegaskan, bahwa peran tokoh agama menjadi kunci penting bagi keberhasilan penerapan kebijakan AKB.Dan tentu, kita sebagai bangsa harus meyakinkan bahwa badai pandemi Covid-19 pasti berlalu.

“Karena setelah suatu kesulitan, pasti akan datang kemudahan. Maka kita harus selalu yakin badai wabah Covid-19 akan segera berakhir,” tukasnya.

Di masa AKB ini, tambah dia, dalam  upaya pencegahan dan penularan wabah ini, pemerintah  telah menyiapkan protokol kesehatan. Sehingga diharapkan masyarakat tetap aman dalam melakukan berbagai kegiatan, khususnya di bidang perekonomian, setelah menjalani masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Ma’ruf mengimbau para tokoh agama untuk menyampaikan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat  dan meminta agar mematuhinya. Yakni untuk selalu memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak.

“Pandemi Covid-19 ini masih menjadi ancaman serius. Tingkat penularannya masih tinggi tercatat 75.699 orang terpapar, 36.455 orang dalam perawatan, dan 3.606 orang meninggal dunia. Jadi kita semua harus tetap waspada,” ujar KH Ma’ruf Amin yang menjabat Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dalam segala upaya pencegahan penyebaran pandemi Covid-29 yang telah dilakukan oleh pemerintah, yang mendapat dukungan masyarakat. Ma’ruf berharap semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa melindungi dan meridhoi ikhtiar yang dilakukan untuk kemajuan dan keselamatan bangsa Indonesia.

Lihat juga...