Warung Cerdas Wanareja Libatkan Warga Perluas Sektor Usaha

Editor: Koko Triarko

CILACAP – Warung Cerdas Wanareja di Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, terus berinovasi untuk memperluas bidang usahanya. Terakhir, warung binaan Yayasan Damandiri ini membangun lima kios di dekat warung dan menyewakan kepada warga sekitar.

“Ada lima kios yang kita sewakan, yaitu untuk bengkel motor dan tambal ban, warung makan, kopi dan agen bus. Keberadaan lima kios ini membuat warung makin ramai,” kata Manajer KUD Utama yang mengelola Warung Cerdas di Kecamatan Wanareja, Sudaryanto, Rabu (29/7/2020).

Pengelola Warung Cerdas Wanareja, Kabupaten Cilacap, Sudaryanto, Rabu (29/7/2020). -Foto : Hermiana E. Effendi

Lebih lanjut Sudaryanto menjelaskan, ada rencana untuk membuka rest area di kawasan Warung Cerdas Wanareja, mengingat lahan yang tersedia masih cukup luas. Sehingga, secara bertahan mulai membangun kios untuk disewakan.

“Lima kios yang pertama dibangun langsung laku disewa oleh warga sekitar,” katanya.

Untuk satu kios, harga sewa cukup murah, hanya Rp5 juta per tahun dengan ukuran kios 3×5 meter. Namun khusus untuk kios tambal ban, harga sewanya Rp7 juta per tahun, karena lebih luas ,yaitu ukuran 7 x 3,5 meter. Sebagai fasilitas pendukung, Warung Cerdas juga menyediakan 4 kamar mandi umum.

Keberadaan kios-kios tersebut membuat kawasan Warung Cerdas makin ramai. Untuk kios agen bus jurusan Cilacap-Jakarta, misalnya, buka sejak pagi hari pukul 06.00 WIB sampai siang hari. Kemudian sore hari kembali buka pukul 17.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

Salah satu penyewa kios, Pak Udin yang membuka usaha tambal ban, mengatakan, ia sangat terbantu dengan keberadaan kios di Warung Cerdas tersebut. Sebab, lokasinya strategis dan bengkelnya menjadi ramai.

“Bengkel menjadi ramai sejak buka di kios Warung Cerdas Wanareja, dan penghasilan juga meningkat, karena itu saya berani menyewa kios yang ukurannya besar, karena lokasinya strategis,” tuturnya.

Sejak dibuka 2018 lalu, Warung Cerdas Wanareja mengalami  perkembangan pesat. Awal dibukanya Warung Cerdas ini mendapat bantuan pinjaman modal dari Yayasan Damandiri sebesar Rp250 juta, dan saat ini omzet warung sudah mencapai Rp800 juta per bulan.

Keberadaan Warung Cerdas Wanareja juga membawa banyak manfaat bagi warga sekitar, karena juga menampung produk-produk lokal. Sampai saat ini, tercatat ada 13 suplayer dari warga lokal. Sebagian besar barang yang disuplai adalah jenis makanan ringan home industry. Namun ada juga yang menyuplai telur ayam, telur puyuh serta beras.

Lihat juga...