Warung Damandiri Argomulyo Buka Usaha Kuliner Soto

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Pesatnya hobi bersepeda yang muncul di kalangan masyarakat belakangan ini, benar-benar dimanfaatkan Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, di Desa Cerdas Mandiri Lestari, Argomulyo, Sedayu, Bantul.

Berada di lokasi wisata yang menjadi salah satu tujuan Gowes, koperasi binaan Yayasan Damandiri ini, melalui Unit Usaha Warung Damandiri, membuka usaha baru berupa warung soto yang berlokasi tepat di depan Museum Memorial HM Soeharto.

Manajer Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Gatot Nugroho, mengatakan, pembukaan warung soto ini menjadi bagian pengembangan unit usaha Warung Damandiri yang telah berdiri sejak tahun 2017 lalu. Warung soto ini dibuka  menggandeng masyarakat dengan sistem bagi hasil.

Manajer Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Gatot Nugroho, saat dijumpai, beberapa waktu lalu – Foto: Dok CDN

“Jadi koperasi menyewakan tempat bagi warga yang membuka usaha warung soto di Warung Damandiri. Sistemnya bagi hasil,” ujar Gatot, Senin (27/7/2020).

Selain soto, warung ini juga menjual aneka macam camilan seperti gorengan. Khusus untuk camilan gorengan seperti bakwan, mendoan dan tahu bacem dikelola oleh koperasi.

“Soto dan minum khusus teh dan jeruk hasil bersih 5 % disetor koperasi. Sedangkan gorengan, tahu bacem dan minuman lainnya dikelola koperasi. Semua pembayaran lewat kasir warung Damandiri,” jelasnya.

Gatot menjelaskan, dari sisi bisnis potensi warung soto ini cukup menjanjikan. Mengingat selama ini Museum Memorial HM Soeharto merupakan salah satu lokasi yang biasa dituju para penggowes. Setiap akhir pekan, seperti Sabtu pagi atau Minggu pagi, ratusan penggowes berkunjung atau sekadar melintas di tempat ini.

“Apalagi sekarang ada salah seorang warga desa yang membuka bengkel sekaligus toko sepeda tepat di samping Warung Damandiri. Hampir setiap hari selalu ramai. Bahkan sampai malam. Sehingga banyak pelanggan yang mampir jajan ke Warung Damandiri,” paparnya.

Lihat juga...