27 Prabinsa Siap Diterjunkan di Teritorial Kodim 1603/Sikka

Editor: Makmun Hidayat

 MAUMERE — Kodim 1603/Sikka kembali menerima kedatangan 27 personel tamtama baru  berpangkat prajurit dua, asli putra Nian Tanah Sikka, yang nantinya akan diterjunkan langsung ke lapangan sebagai anggota Prajurit Pembina Desa (Prabinsa).

Segenap  personel Prabinsa ini tiba Senin (31/8/2020) di Pelabuhan Fery Larantuka, Kabupaten Flores Timur dan dijemput langsung menuju Kota Maumere,Kabupaten Sikka.

“Selamat datang para prajurit baru TNI AD asal Nian Sikka yang akan menjadi Prajurit Pembina Desa (Prabinsa) di wilayah teritorial Kodim 1603/Sikka,” kata Dandim 1603/Sikka, Letkol. Inf. M. Zulnalendra Utama, S.Ip, Senin (31/8/2020).

Dandim 1603 Sikka, Letkol. Inf. M. Zulnalendra Utama, S.Ip, ditemui saat kegiatan, Senin (31/8/2020). Foto: Ebed de Rosary

Zulnalendra saat kegiatan penyambutan berharap dengan penambahan anggota baru ini dapat memberikan nilai tambah dalam menunjang tugas teritorial kewilayahan Kodim 1603/Sikka.

“Jaga selalu kekompakan, jiwa korsa, dan selalu semangat dalam bekerja serta berbuat yang terbaik bagi satuan, nian tanah sikka dan kepada bangsa dan negara Indonesia.” pesannya.

Sementara itu Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, dalam kesempatan tersebut mengaku merasa bangga terhadap tamtama yang akan bertugas di wilayah Kabupaten Sikka.

Robi sapaannya mengatakan,  Pemerintah Kabupaten Sikka saat ini mengalami berbagai persoalan selain Covid-19 sehingga pemerintah merasa senang dan berterima kasih khususnya kepada TNI AD yang dengan programnya mengembalikan prajurit ke daerah asal.

“Mereka dididik selama 7 bulan dan  terdiri dari Bintara Muda 14 orang dan Tamtama 27 orang  yang akan  bertugas di Kodim 1603/Sikka. Mereka akan bertugas sebagai pembina desa baik Babinsa maupun Prabinsa,” sebutnya.

Robi menyebutkan, Forkopimda Kabupaten. Sikka sangat kompak dalam mengatasi berbagai persoalan yang ada di daerah dan ia berpesan tugas prajurit bukan hanya  menjaga keutuhan wilayah teritorial tetapi turut menjaga masyarakat yang ada di dalamnya.

Bupati Sikka meminta kepada Bintara dan Tamtama Pembina Desa agar harus bisa menjadi panutan, dan menghindari pelanggaran sekecil apa pun. Jadilah prajurit pembina desa yang disiplin, kerja keras dan menjadikan rakyat disiplin tinggi.

“ Selamat datang kepada prajurit pembina desa sekalian, baik itu Prajurit Bintara maupun Prajurit Tamtama di Nian Tanah Sikka,” ungkapnya.

Kegiatan  dilanjutkan dengan penyiraman air kembang oleh Dandim 1603/Sikka,  diikuti Bupati Sikka beserta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sikka.

Sebelum masuk dalam satuan teritorial Kodim 1603/Sikka, sebanyak 27 personel tamtama yang adalah Prajurit Pembina Desa (Prabinsa) baru ini dilakukan tradisi penjemputan masuk satuan yang dipimpin langsung oleh Pasi Pers dan Pasi Intel Dim 1603/Sikka serta segenap pelatih dan pendukung.

Kegiatan diawali dengan Apel Tradisi Penerimaan Prajurit Dua (Prada TNI AD) yang adalah Prajurit Pembina Desa (Prabinsa) di halaman Makodim 1603/Sikka yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 1603/Sikka dan dihadiri oleh bupati Sikka beserta Forkopimda Kabupaten Sikka.

Lihat juga...