Akhir Pekan, Curug Bidadari di Babakan Bogor Ramai Pengunjung

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BOGOR — Curug Bidadari di Bojongkoneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sejak dibuka lagi awal Agustus lalu terus dipenuhi pengunjung dari berbagai daerah, terutama wilayah Jakarta, pada setiap akhir pekan.

Air terjun Bidadari menawarkan keindahan alam di daerah perbukitan yang asri, dan memiliki akses terdekat melalui jalur tol dari daerah Jakarta. Akhir pekan pengelola Curug memasang tarif Rp40 ribu per orang belum biaya parkir mobil atau motor.

“Sejak dibuka awal Agustus lalu, setiap akhir pekan Sabtu-Minggu, pengunjung pasti membludak, terutama didominasi kendaraan roda empat, dari Jakarta atau Bekasi,” kata Asep, pedagang yang mangkal di Curug Bidadari dikonfirmasi Cendana News, Minggu (30/8/2020).

Diakuinya, pengunjung diakhir pekan lebih di dominasi keluarga, mereka datang dari luar daerah untuk menikmati keindahan alam air terjun yang masih asri. Mereka juga membawa anak untuk berenang di kolam fasilitas yang disediakan khusus bagi pengunjung.

Salah seorang pengunjung Umami, asal Duren Sawit Jakarta, mengaku hadir membawa keluarga. Untuk makan bersama sekaligus menikmati panorama air terjun.

“Kita bayar per orang Rp40 ribu untuk masuk, sesuai sih untuk biaya perawatan, tapi di dalam dikenakan biaya lagi sewa gazebo, jika ingin tempat nyaman. Saya sih, memberi masukan ruang ganti atau toilet, bisa diperbaiki agar lebih nyaman,” ujar Umami.

Namun demikian, dia mengaku Curug Bidadari, sangat layak didatangi jika ingin menikmati suasana alam perbukitan, meski sudah banyak arena tambahan. Tapi tidak mengurangi suasana keasrian alam keindahan air terjun yang ketinggiannya diperkirakan mencapai 75 meter dengan lebar 7 meter. Airnya dingin, dan bersih.

Agus Effendi, warga lainnya, mengaku sengaja membawa tiga mobil bersama keluarga besarnya yang kebetulan datang dari daerah. Awalnya dia mengaku di jalan akan pergi ke wilayah kebun raya Bogor.

“Tapi di jalan banyak yang merekomendasikan ke Curug Bidadari. Memang bagus tempatnya jika ingin menikmati panorama alam. Jalannya pun penuh tantangan, melintasi perkampungan di perbukitan sejak keluar di tol Sentul,” tukasnya.

Diketahui Curug Bidadari sebelumnya dikenal sebagai Curug Bojong Koneng, sesuai nama desa tempat air terjun tersebut berada. Perubahan nama setelah lokasi dikelola oleh Sentul Paradise Park. Airnya bersumber dari kumpulan mata air alami hutan lindung di wilayah setempat.

Pengunjung di Curug Bidadari, bisa mengeksplorasi untuk mendapatkan spot-spot foto menarik, dengan latar belakang air terjun maupun panorama alam disekitar lokasi. Banyak wahana tambahan sebagai fasilitas.

Pantauan Cendana News di lokasi, pengunjung Curug Bidadari, selain menyiapkan uang masuk mulai Rp.30-40 ribu. Pengujung disarankan membawa uang lebih karena dalam masih banyak hal lain yang harus dibayar seperti sewa gazebo, kamar mandi berbayar, sewa ban untuk berenang serta sumbangan lainnya.

Lihat juga...