Akses Sanitasi Aman di Penajam Capai 64 Persen

PENAJAM – Akses layanan sanitasi aman yang dimiliki masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, baru mencapai berkisar 64 persen dari target sekitar 75 persen, kata Plt Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan setempat, Yunita Liliyana Damayanti.

“Jumlah warga yang memiliki akses layanan sanitasi aman baru mencapai sekitar 64 persen,” ujar Yunita ketika dihubungi di Penajam, Sabtu.

Infrastruktur sanitasi aman di wilayah Penajam Paser Utara masih terdapat kekurangan berkisar 11 persen dari target sekitar 75 persen.

Standar sanitasi aman tangki septik masyarakat jelas Yunita, sudah mengikuti layanan sedot tinja minimal satu kali dalam tiga sampai lima tahun.

“Indikator sanitasi itu dilihat dari pembuangan tinja sudah sampai ke tangki septik atau tidak lagi ke alam bebas,” ucapnya.

Sementara untuk sanitasi layak Kabupaten Penajam Paser Utara masih kurang berkisar empat persen dari target 75 persen.

Persentase sanitasi layak di Kabupaten Penajam Paser Utara pada tahun ini (2020) kata Yunita, mencapai sekitar 71 persen.

Persoalan sanitasi di Kabupaten Penajam Paser Utara menurut dia, dipengaruhi sarana prasarana yang masih terbatas.

Armada mobil pengangkut tinja hanya tersedia dua unit dari lima unit yang dibutuhkan untuk melayani masyarakat di empat kecamatan.

“Perlu memiliki dokumen strategis sanitasi kabupaten, dalam dokumen itu ada target dan capaian yang dipantau pemerintah pusat,” ujar Yunita.

“Kalau kemajuannya ada kenaikan pemerintah pusat akan memberikan bantuan, seperti bantuan mobil truk pengangkut tinja,” ucapnya. (Ant)

Lihat juga...