Andrea Pirlo Manajer Baru Juventus

Andrea Pirlo saat masih menjadi pemain di Juventus – Foto Ant

JAKARTA – Juventus secara resmi mendaulat Andrea Pirlo, untuk menjadi pelatih baru mereka. Penunjukan dilakukan setelah secara resmi memecat Maurizio Sarri. Penunjukan dilakukan hanya sepekan, setelah merekrut mantan gelandang itu untuk melatih tim Juve U-23.

“Andrea Pirlo merupakan pelatih baru Juventus. Hari ini dimulailah babak baru dalam karier dia di dunia sepak bola, sebagaimana telah disampaikan hampir sepekan lalu: Dari Maestro menjadi Mister. Mulai hari ini ia akan menjadi pelatih untuk orang-orang Juventus, sebab klub telah memutuskan untuk mempercayakan dia dengan kepemimpinan teknis kepada tim pertama, setelah sebelumnya memilih dia untuk (melatih) Juventus U-23,” pernyataan resmi Juventus, di lama klub.

Pirlo diikat kontrak berdurasi dua tahun, yang berlaku sampai 30 Juni 2022. Jabatan sebagai pelatih Juventus, menjadi peran kepelatihan perdana Pirlo. Sarri dipecat pada Sabtu (8/8/2020) malam WIB, hanya beberapa jam setelah Juve disingkirkan Olympique Lyon pada putaran 16 besar Liga Champions.

Sarri tercatat telah membawa klub memenangi gelar Liga Italia untuk kesembilan kalinya secara beruntun. Namun Juve gagal memenangi Piala Italia dan Piala Super Italia. Presiden Juventus, Andrea Agnelli melihat Pirlo sebagai sosok yang akan mengikuti jejak Zinedine Zidane di Real Madrid. Mantan gelandang kreatif dengan visi permainan yang sangat bagus, serta berusia cukup muda, untuk dapat terkoneksi dengan baik kepada para pemain.

Pirlo membawa timnas Italia menjuarai Piala Dunia 2006, serta sejumlah gelar Liga Italia dan Liga Champions, saat masih berseragam AC Milan dan Juve. Ia pensiun pada Januari 2018 setelah sempat bermain di Liga AS bersama New York City FC. Namun, terakhir kali berkiprah di Italia Pirlo bermain untuk Juve pada 2011 sampai 2015.

Sementara itu untuk Cristiano Ronaldo, Andrea Agnelli menyatakan, tidak akan pindah ke klub lain, sekalipun mereka tersingkir dari Liga Champions. Ronaldo mencetak kedua gol saat timnya menang 2-1 atas Lyon, tetapi Juve tersingkir karena kalah gol tandang.

Dan untuk pertama kalinya sejak 2010 Juventus keluar dari kompetisi itu di babak ke-16 besar. Sejumlah laporan kemudian muncul bahwa Ronaldo akan meninggalkan Turin musim panas ini. Tetapi Agnelli menegaskan, pemain Portugal itu akan tetap bersama Juventus. “Saya yakin sekali dia akan bertahan. Saya kira laporan itu berasal dari wawancara beberapa bulan lalu yang disiarkan sebelum kami bermain melawan satu tim Prancis. Itu trik lama media. Tidak, saya bisa menjamin Anda bahwa Ronaldo tetap menjadi pilar Juventus ,” kata Agnelli. (Ant)

Lihat juga...