Bagikan 42.500 Masker, Pemerintah Minta Masyarakat Patuh Protokol Kesehatan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Ketua Komite PC-PEN, Airlangga Hartarto dalam kegiatan pembagian masker di kawasan Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (30/8/2020). Foto Amar Faizal Haidar

JAKARTA — Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) membagikan 42.500 masker kepada masyarakat yang tengah beraktivitas di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Minggu (30/8/2020).

Melalui pembagian masker tersebut, pemerintah sekaligus meminta agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan, seiring masih meningkatnya angka penularan Covid-19, khususnya di wilayah provinsi DKI Jakarta.

“Jangan kendor! kita harus tetap disiplin pakai masker. Pemerintah akan terus mengkampanyekan ini secara masif agar kepatuhan masyarakat dalam memakai masker selalu terjaga” ujar Ketua Komite PC-PEN sekaligus Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam kegiatan tersebut.

Menurut Airlangga, menggunakan masker adalah cara yang paling sederhana dan paling efektif untuk mencegah penularan Covid-19. Dengan menggunakan masker, jika seseorang telah menjadi carrier Covid-19, maka dapat mencegah agar tidak menulari orang lain. Jika seseorang bukan carrier, akan terlindungi agar tidak tertular Covid-19.

“Maka, tepat sekali dengan slogan: Maskermu melindungi aku dan Maskerku melindungi kamu,” tandas Airlangga.

Lebih lanjut, Airlangga mengungkapkan, bahwa bangkitnya ekonomi nasional di masa pandemi sangat bergantung pada kedisiplinan masyarakat dalam menggunakan masker.

“Meningkatnya kepatuhan masyarakat menggunakan masker sejalan dengan upaya untuk membangun rasa aman bagi masyarakat. Hal ini merupakan kunci utama dalam upaya pemulihan ekonomi nasional kita,” terang Airlangga.

Untuk itu, sambung Airlangga, pemerintah tidak akan berhenti mengajak masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Dimulai dengan meningkatkan kedisiplinan dalam menggunakan masker, sebagai kunci awal pencegahan penularan Covid-19.

“Disiplin menggunakan masker, harus dimulai dari diri sendiri, lalu keluarga, lingkungan dan masyarakat luas. Pada akhirnya akan terbangun budaya penggunaan masker untuk mencegah penularan Covid-19, sebagai kunci utama pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi ini. Ke depan, selain kampanye Menggunakan Masker, Pemerintah juga akan menggaungkan Gerakan 3M lainnya yaitu Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak,” pungkas Airlangga.

Lihat juga...