BPBD Mukomuko Butuh Satgas Karhutla

Ilustrasi. Alat berat menggali siring untuk merelokasi lahan gambut yang terbakar di Kabupaten Mukomuko – Foto Ant

MUKOMUKO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu kembali mengusulkan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), guna mengantisipasi potensi kebakaran tersebut di daerah itu.

“Kami sudah pernah mengusulkan pembentukan satgas karhutla kepada pemerintah setempat, tetapi belum terealisasi, kini kami mengusulkan lagi,” Kata Kepala BPBD Kabupaten Mukomuko, Syahrizal, Rabu (5/8/2020).

BPBD setempat sebelumnya sudah mengusulkan pembentukan satgas karhutla, berawal dari kebakaran lahan gambut di Kecamatan Kota Mukomuko dan sejumlah lokasi lainnya di daerah itu. Meskipun saat itu belum ada satgas karhutala, tetapi gabungan berbagai instansi terkait di lingkungan pemerintah daerah setempat, kepolisian, dan kodim, dapat memadamkan kebakaran lahan gambut yang terjadi.

Untuk itu, sekarang ini instansinya mengusulkan pembentukan satgas karhutla, agar satgas dapat melakukan tindakan cepat dalam upaya mencegah dan menangani karhutla. Keanggotaan satgas karhutla terdiri atas personel berbagai instansi terkait di lingkungan pemerintah daerah, kepolisian resor, dan kodim setempat.

Guna mendukung usulan pembentukan satgas karhutla, BPBD Mukomuko telah menyiapkan draf surat keputusan bupati terkait dengan pembentukan satgas karhutala. Berbagai pihak terkait, seperti polisi dan kodim juga telah menginventarisasi peralatan yang bisa digunakan untuk melakukan tindakan pemadaman karhutla.

Tercatat, peralatan untuk penanganan karhutla yang dimiliki hingga saat ini masih minim. Dan sedang diupayakan kepada pihak swasta di daerah itu untuk membantu peralatan. Masyarakat setempat juga diminta untuk tidak membuka lahan pertanian dengan cara dibakar. Terutama saat musim panas seperti sekarang ini. (Ant)

Lihat juga...