Copenhagen Singkirkan Basaksehir dari Liga Eropa

Gelandang serang FC Copenhagen, Jonas Wind (kiri), melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Istanbul Basaksehir dalam pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Europa di Stadion Telia Parken, Kopenhagen, Denmark, Rabu (5/8/2020) waktu setempat – Foto Ant

JAKARTA – FC Copenhagen, berhasil melunasi defisit satu gol demi menyingkirkan Istanbul Basaksehir menuju perempat final Liga Europa, setelah menang 3-0. Hasil dari pertandingan leg kedua babak 16 besar yang berlangsung di Stadion Telia Parken, Kopenhagen, Denmark, Rabu (5/8/2020) waktu setempat atau Kamis (6/8/2020) WIB.

Dwigol Jonas Wind, dilengkapi Rasmus Falk menjadi penyokong kemenangan Copenhagen di laga tersebut. Gol yang merubah kemenangan agregat menjadi 3-1. Di babak perempat final, Copenhagen besar kemungkinan akan menghadapi Manchester United, yang saat ini unggul agregat 5-0 atas wakil Austria, LASK Linz.

Tiba di Kopenhagen, dengan berbekal penampilan gemilang sebagai penggoyah hegemoni Big 3 Turki dan keunggulan agregat 1-0, Basaksehir malah mendapati gawangnya kebobolan hanya empat menit pertandingan dimulai.

Diawali aksi pengendalian bola menawan dari Guillermo Varela, bek Uruguay itu melepaskan umpan silang yang tak mampu disapu barisan pertahanan tim tamu. Dan Wind melayang demi menanduknya menaklukkan kiper Fehmi Gunok. Keunggulan itu hampir berganda, ketika Rasmus Falk memperdaya Gael Clichy. Sayang tembakan melengkungnya masih bisa ditepis oleh Gunok.

Sebaliknya, Basaksehir yang tampak baru terbangun setelah setengah jam pertandingan berjalan, memperoleh peluang untuk menyamakan kedudukan ketika Edin Visca melewati dua bek tuan rumah, sayang penyelesaiannya masih berakhir di sisi gawang. Tujuh menit babak kedua berjalan, Copenhagen mendapat keuntungan, ketika Falk melepaskan tembakan dan bolanya mengenai lengan Mehmet Topal. Wasit Daniele Orsato menunjuk titik putih.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Wind yang mengecoh Gunok, dan sukses menggandakan keunggulan Copenhagen, sekaligus membalikkan agregat 2-1. Basaksehir kembali berusaha membalas, ketika Eljero Elia mengirim umpan terobosan ke arah Demba Ba. Tetapi kiper Karl Johan Johnsson bereaksi cepat meninggalkan sarangnya untuk mengamankan bola.

Tuan rumah malah berhasil menambah keunggulan mereka pada menit ke-62, ketika Falk akhirnya mencatatkan namanya di papan skor, setelah melewati hadangan Irfan Kahveci sebelum melepaskan tembakan dari tepian kotak penalti untuk menguburkan bola ke pojok kanan bawah gawang. Kopenhagen tiga, Basaksehir nol.

Tim tamu kembali mendapat peluang, tetapi tembakan Ba dari tengah kotak penalti malah melenceng dari sasaran. Kopenhagen memperoleh kesempatna mencetak gol lagi, tetapi tembakan melengkung Falk masih bisa dihentikan Gunok. Dan selanjutnya tim besutan Stale Solbakken itu berkonsentrasi mempertahankan keunggulan 3-0 hingga peluit tanda laga usai terdengar. (Ant)

Lihat juga...