Di Aceh Tengah ada Harimau Mendekati Pemukiman Penduduk

Ida, seekor harimau betina, berlari keluar dari kerangkeng besi saat proses pelepasliaran di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) yang berdampingan dengan Kawasan Ekosistem Leuser, Provinsi Aceh – Foto Dok Ant

BANDA ACEH – Tiga ekor harimau Sumatera, dalam beberapa hari terakhir dilaporkan mendekati pemukiman warga di Kampung atau Desa Kuyun Uken, Kecamatan Celala, Kabupaten Aceh Tengah. Disebut-sebut, satwa tersebut telah memangsa ternak sapi milik warga setempat.

Ramli, Warga Kampung Kuyun Uken, Aceh Tengah mengatakan, satwa liar tersebut telah memangsa seekor sapi milik warga setempat. Dan saat warga merasa resah dengan kejadian tersebut. “Kami melihat tiga ekor harimau berkeliaran di kebun warga, sekitar 700 meter dari perkampungan,” katanya, Kamis (6/8/2020).

Harimau Sumatera yang berkeliaran tersebut dua ekor harimau dewasa dan satu ekor anak harimau. Satwa liar yang terancam punah tersebut mendekati pemukiman penduduk secara berkelompok. Akibat kejadian itu, warga setempat yang berprofesi sebagai petani merasa takut untuk berkebun. Hal itu dipicu rasa takut, karena sudah banyak terjadi harimau juga menyerang manusia.

Warga berharap Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, dan pihak terkait segera mengambil tindakan agar harimau itu kembali ke habitat aslinya di hutan. “Kami sekarang sangat resah dan sangat berharap agar pihak terkait bisa memberikan solusi,” tandasnya.

Petugas BKSDA Resor Agam memasang kamera jebakan, Kamis (6/8/2020) – Foto Ant

Sementara itu, seekor ternak jenis kambing, milik warga Kampuang Subarang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, diduga dimangsa satwa liar jenis beruang madu. Kambing tersebut dimangsa saat berada di dalam kandang pada Kamis (6/8/2020) pagi.

Lihat juga...