Di Perbatasan RI-Malaysia, Dua Nakes Positif COVID-19

Suasana di Puskesmas Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat di perbatasan Indonesia-Malaysia – foto Ant

KAPUAS HULU – Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat menyatakan, ada dua tambahan kasus positif COVID-19 baru di di wilayah perbatasan Republik Indonesia (RI)-Malaysia tersebut.

Dua kasus baru tersebut adalah, tenaga kesehatan (nakes) di Puskemas Badau. Dengan penambahan tersebut, jumlah total kasus positif meningkat menjadi sebanyak 38 orang. “Dengan adanya penambahan kasus baru tersebut, jumlah total pasien positif COVID-19 saat ini di Kapuas Hulu sebanyak 38 orang,” kata  Sekretaris Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Nazaruddin, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Minggu (30/8/2020).

Dua Nakes di Kecamatan Badau itu dinyatakan positif COVID-19, berdasarkan hasil tes usap (swab) pada 30 Agustus 2020. “Keduanya petugas kesehatan di Puskesmas Badau,” jelasnya.

Sementara itu, dari jumlah total pasien positif COVID-19 sebanyak 38 orang, 13 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh. “Menurut dia, memang ada kasus penambahan positif COVID – 19, namun ada juga penambahan kasus sembuh sehingga harapan ke depan kasus sembuh semakin bertambah dan tidak ada lagi yang positif,” tandasnya.

Berdasarkan surat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, total pasien yang sudah sembuh 13 orang. Sementara yang masih positif sebanyak 25 orang. Dan untuk memutus mata rantai sebaran COVID – 19, masih perlu kesadaran semua pihak untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. “Pakai masker jika keluar rumah, hindari kerumunan dan jaga jarak, itu sangat penting, selain itu sering – sering cuci tangan pakai sabun,” pungkas Nazaruddin. (Ant)

Lihat juga...