Di Sulsel Ada 200 Ribu Pekerja Siap Terima Subsidi Gaji

Ilustrasi - Rupiah -Dok: CDN

MAKASSAR – Ada sekira 200 ribu pekerja di Sulawesi Selatan (Sulsel), siap menerima subsidi gaji dari pemerintah sebesar Rp600 ribu per-bulan. Seperti diketahui, subsidi akan diberikan untuk dua kali termin, dengan masing-masing termin dua bulan.

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku, Toto Suharto mengatakan, pada termin pertama pekerja akan mendapatkan subsidi Rp1,2 juta atau dua bulan. Subsidi ditransfer ke rekening masing-masing. Namun sebelumnya, pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta itu, datanya akan diverifikasi terlebih dahulu. “Subsidi upah ini akan ditransfer langsung ke rekening karyawan yang telah didaftarkan oleh HRD masing-masing melalui https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/ Pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Setelah itu, nomor rekening karyawan yang telah didaftarkan oleh HRD dari setiap perusahaan akan diverifikasi dan divalidasi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bantuan tepat sasaran. Data yang telah diverifikasi dan divalidasi akan dimasukkan dalam data daftar calon penerima bantuan pemerintah, yang kemudian dilaporkan oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada Menteri dengan melampirkan berita acara dan surat pernyataan mengenai kesesuaian data calon penerima BLT tersebut.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang penerima subsidi upah di Makassar, Daeng Raba mengatakan, pencairan dana itu dijanjikan diterima Senin (31/8/2020). “Jika sudah dicairkan besok, rencananya untuk membeli kebutuhan sembako selama sebulan dan sisanya untuk kebutuhan sekolah anak yang bersekolah daring,” kata lelaki paruh baya yang bekerja di sebuah perusahaan elektronik tersebut. (Ant)

Lihat juga...