Di Sumut 86,18 Persen Pelajar Sudah Memiliki Rekening Bank

OJK, ilustrasi -Dok: CDN

MEDAN – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) mengungkapkan, sudah 86,18 persen dari total pelajar di Sumatera Utara, sudah memiliki rekening tabungan.

Ditargetkan, seluruh pelajar tersebut akan memiliki rekening tabungan. “Untuk mencapai target 100 persen pelajar dan termasuk peningkatan akses keuangan, OJK bersama Pemprov Sumut membentuk TPAKD (Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah), “ujar Kepala OJK Kantor Regional 5 Sumbagut, Yusup Ansori, di Medan, Senin (24/8/2020).

Kepala OJK Kantor Regional 5 Sumbagut, Yusup Ansori – Foto Ant

TPAKD saat ini sudah ada di 33 kabupaten dan kota di Sumut. Salah satu program TPAKD di 2020 adalah Gerakan Indonesia Menabung (GIM), untuk mewujudkan Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR). Program GIM, yang sebelumnya disebut One Student One Account (OSOA), telah diimplementasikan di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota. “Gubernur dan wali kota dan bupati sudah membuat surat edaran tentang program KEJAR itu,” ungkapnya.

Dengan sejak dini sudah dikenalkan mengenai keuangan, diharapkan pelajar yang merupakan generasi masa depan bangsa lebih melek dengan perbankan, khususnya menyadari perlunya menabung. Yusup Ansori menyebut, selain KEJAR, program kerja TPAKD di 2020 adalah diarahkan pada program Business Matching Akses Keuangan UMKM. (Ant)

Lihat juga...