Gubernur Sumbar Kukuhkan Lima Paskibraka Upacara 17 Agustus

Editor: Makmun Hidayat

PADANG — Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, mengukuhkan lima orang siswa yang bergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi 2020. Hal ini juga beriringan dengan dikukuhkannya Paskibraka tingkat nasional oleh Presiden Joko Widodo secara virtual, Kamis (13/8).

Irwan menjelaskan untuk pelaksanaan upacara 17 Agustus 2020 mendatang akan tetap diselenggarakan dengan berbagai ketentuan, dan yang jelas jauh berbeda dengan upacara 17 Agustus tahun-tahun sebelumnya.

Untuk pelaksanaan upacara 17 Agustus nanti, akan digelar di lapangan tepatnya di halaman Kantor Gubernur yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Padang. Kelima orang siswa yang tergabung dalam Paskibraka itu datang dari berbagai sekolah, tanpa ada melakukan seleksi.

“Untuk pertama kali tanpa ada seleksi Paskibraka, karena ini sebagai bagian dari protokol pencegahan penyebaran pandemi Covid-19,” katanya, Kamis (13/8/2020).

Menurutnya sesuai instruksi presiden bahwa proses penaikan dan penurunan bendera tetap dilakukan. Di Sumatera Barat ada lima orang, penunjukan siswa-siswi ini sudah sesuai kriterianya.

“Para Paskibraka melaksanakan upacara dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, menggunakan masker, dan pelindung wajah,” ungkap dia.

Lima orang siswa dimaksud merupakan siswa-siswi dari SMA di Kota Padang, yaitu sebagai pengibar bendera Merah Putih adalah Yolanda Adrian Tami Safitri (SMA N 12 Padang), Adittia Afrilia Putra SMA N 4 Padang) dan Cikal Allfreson Palido (SMA N 8 Padang).

Sementara untuk penurunan bendera Merah Putih dilakukan oleh Adittia Afrilia Putra SMA N 4 Padang), Aldi Dwipa Zuhdi (SMA Semen Padang) dan Junsan Nursi Pratama (SMK SMTI Padang)

Sementara itu, dalam pengukuhan kali ini, Presiden Joko Widodo juga turut mengukuhkan Paskibraka di masing-masing provinsi melalui konferensi video. Selain itu empat calon komandan upacara dan satu perwira upacara yang nantinya akan bertugas di Istana Merdeka juga turut serta dalam pengukuhan.

“Dengan memohon ridha Allah Yang Maha Kuasa, pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai Pasukan Mengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2020,” kata presiden, yang turut disaksikan secara virtual di Padang.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan upacara HUT ke-75 Republik Indonesia kali ini digelar secara terbatas dengan mengutamakan keselamatan dan kenyamanan masyarakat dari pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, jumlah anggota Paskibraka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tahun ini juga tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

Lihat juga...