Hari Ini MK Genap Berusia 17 Tahun

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Hari ini, 13 Agustus 2020, Mahkamah Konstitusi (MK) genap berusia 17 tahun, peringatan dilakukan dengan menggelar upacara secara virtual pada Kamis (13/8/2020).

Upacara yang dipimpin langsung oleh Ketua MK Anwar Usman serta diikuti oleh seluruh pegawai dan karyawan di lingkungan Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal MK, dengan menggunakan aplikasi, guna mencegah penyebaran dan penularan Covid-19.

Dalam acara tersebut, Anwar menyampaikan, bahwa upacara dan perayaan ulang tahun kali ini berbeda dengan sebelumnya akibat pandemi Covid-19. Jumlah peserta di lapangan yang terbatas dan sebagiannya lagi mengikuti secara daring dengan waktu yang singkat.

“Meskipun jumlah peserta di lapangan terbatas karena pandemi Covid-19, hal ini tidak menghilangkan sifat khidmat, dan rasa syukur dalam melaksanakan upacara HUT ke-13 MK,” kata Ketua MK, Anwar Usman, saat upacara HUT MK secara virtual di Gedung MK, Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Lebih lanjut, Anwar mengatakan pada 2019 adalah tahun politik yang begitu mengkhawatirkan bagi MK. Pada 2019 adalah pemilu serentak pertama yang dilakukan, dengan kompetisi politik yang begitu sengit. Namun, terlepas dari segala kekurangan dan kelemahan dalam pelaksanaannya, MK berhasil menyelesaikan 262 perkara perselisihan hasil pemilu.

“Banyak pihak memberikan apresiasi dan penghargaan atas putusan MK. Namun hal itu tidak boleh menjadi kebanggaan semata, agar tetap mawas diri untuk tetap solid dalam bekerja dan dengan penuh integritas serta profesionalitas dalam melaksanakan tugas dan amanah,” tegasnya.

Anwar menambahkan, pada akhir tahun ini, pemilihan kepala daerah secara serentak akan dilaksanakan di 270 daerah, dengan rincian pemilihan gubernur dan wakil gubernur di 9 (sembilan) provinsi. Sementara pemilihan wali kota dan wakil wali kota ada di 37 kota, dan pemilihan bupati dan wakil bupati ada di 224 kabupaten.

“Berbagai persiapan terus kita lakukan. Di antaranya, penyusunan peraturan Mahkamah Konstitusi (PMK), tentang Penanganan Perselisihan Pilkada, maupun bimbingan teknis yang kemungkinan akan dilakasanakan secara daring. Pada intinya, segala persiapan harus terus kita lakukan, dalam rangka mengawal proses demokrasi konstitusional di dalam pemilihan kepala daerah,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Anwar juga mengucapkan selamat atas penerimaan penghargaan Satya Lencana Karya Satya yang diberikan kepada pegawai yang menerimanya, baik yang telah mengabdi 10 tahun dan 30 tahun.

Penghargaan tersebut, menurutnya merupakan apresiasi negara terhadap pangabdian pegawai selaku aparatur sipil negara, yang telah mendarmabaktikan dedikasinya kepada bangsa dan negara. Selain itu, Anwar juga mengucapkan selamat juga kepada para pegawai dan karyawan teladan yang telah terpilih tahun ini.

“Harapan saya, bagi pegawai yang telah telah menerima penghargaan dan terpilih sebagai pegawai dan karyawan teladan, senantiasa menjadi contoh dan teladan bagi para pegawai dan karyawan lainnya,” tutupnya.

Lihat juga...