Hortipark Pesawaran Pasok Kebutuhan Berbagai Jenis Buah Segar

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Kebutuhan akan buah lokal hasil penanaman petani masih diminati masyarakat Lampung. Hortipark Pesawaran jadi salah satu lokasi mendapatkan buah segar jenis melon, jeruk dan semangka. Vina, petugas penjaga tiket di kebun buah hortipark menyebut pecinta buah segar bisa membeli hasil panen kebun.

Komoditas buah segar yang ditanam sekaligus dijual menurutnya merupakan jenis melon, semangka dan labu. Ditanam pada lahan seluas dua hektare lebih berkontur miring, sejumlah tanaman dikelola oleh kelompok tani setempat. Buah segar yang bisa dicicipi langsung meliputi melon golden didominasi warna kuning, melon rocky warna hijau, melon honey berwarna putih, melon sky berwarna hijau.

Vina menyebut pengelolaan kebun tersebut dikelola kelompok tani (Poktan) Barokah Kresna. Namun ia menyebut ketua kelompok sedang melakukan survei ke lahan lain untuk pengembangan tanaman buah serupa. Pengunjung bisa membeli berbagai buah termasuk jeruk dan labu dengan harga rata-rata Rp15.000 per kilogram. Sebelum membeli pengunjung bisa melihat berbagai jenis tanaman yang siap panen.

“Kami tidak memperkenankan pengunjung memetik buah segar yang ada untuk menghindari buah belum matang dipetik, sebagai gantinya disiapkan potongan buah untuk dicicipi sehingga bisa merasakan berbagai jenis buah segar di hortipark ini,” terang Vina saat ditemui Cendana News, Senin (31/8/2020).

Lokasi hortipark yang berada tepat di kantor Desa Negeri Sakti tersebut menurutnya mudah dijangkau. Sebab berada di jalan lintas Bandar Lampung ke Pringsewu  lokasi tepat berada di tepi jalan. Berkonsep agrowisata lahan pertanian tersebut merupakan hasil penanaman sejak bulan Juni silam dan bisa dipanen bulan Agustus.

Memasuki musim kemarau di wilayah Kabupaten Pesawaran tersebut, tanaman tetap terlihat menghijau. Sistem irigasi memakai selang dari sumber mata air kombinasi irigasi tetes dan penyiraman otomatis memanfaatkan embung dan sumur bor. Vina menyebut ada lebih dari lima kuintal buah segar siap jual yang bisa dipilih pengunjung.

“Kalau ingin tanya tentang teknis penanaman silakan ke pengelola tapi sedang tidak di lokasi,” bebernya.

Buah segar yang langsung dipetik dari kebun tersebut rata-rata memiliki berat 2 hingga 5 kilogram. Sebagian pengunjung memilih mendatangi hortipark untuk membeli buah dalam kondisi segar. Meski tidak bisa memetik langsung namun pengunjung bisa melihat proses penanaman melon. Suryati, salah satu warga asal Bandar Lampung mengaku datang untuk membeli buah melon.

Suryati, salah satu warga asal Bandar Lampung membeli buah jeruk lokal untuk kebutuhan keluarganya di Desa Negeri Sakti, Kecamatan Pesawaran, Lampung Selatan, Senin (31/8/2020) – Foto: Henk Widi

“Selama ini saya hanya membeli melon hijau namun di sini saya mengajak keluarga melihat penanaman berbagai jenis melon,” papar Suryati.

Suryati menyebut meski tidak boleh memanen ia tetap bisa membeli berbagai jenis buah segar. Memasuki musim kemarau ia menyebut buah segar tersebut kerap dijual di pasar swalayan. Namun dengan datang ke hortipark Pesawaran ia bisa melihat dari dekat proses penanaman jenis melon tersebut. Kadar air yang banyak pada buah melon menurutnya cocok dikonsumsi saat musim kemarau.

Jenis buah melon golden yang memiliki warna kuning keemasan menurutnya rasanya renyah dan manis. Jenis melon rocky, sky dan honey yang disiapkan dalam wadah untuk tester (dicicipi) membuatnya bisa merasakan buah sebelum membelinya. Ia juga membeli buah segar jenis jeruk dan labu madu yang dijual.

“Pengembangan lahan pertanian untuk komoditas buah bisa menjadi pasokan segar bagi masyarakat langsung dari hasil panen,” terang Suryati.

Warga asal Sukarame, Bandar Lampung bernama Sriatin menyebut pertama kali melihat tanaman buah golden melon. Jenis melon tersebut menurutnya kerap ditemui pada sejumlah pasar swalayan. Namun harga jual buah golden melon tersebut relatif mahal saat sudah berada di pasar swalayan. Di hortipark tersebut ia bisa membeli hanya seharga Rp15.000 per kilogram.

Ia memilih membeli semua jenis melon yang rencananya akan dikonsumsi dalam kondisi segar. Selain itu dalam kondisi cuaca panas buah melon tersebut bisa diolah menjadi es buah dan jus.

Keberadaan kebun buah di hortipark Pesawaran tersebut menurutnya menjadi sumber pasokan buah segar bagi masyarakat. Buah segar jenis melon berkadar air tinggi tersebut berguna untuk mencegah dehidrasi saat musim kemarau melanda.

Lihat juga...