IBA MMA Sah Jadi Anggota KONI

Ketua Umum Ketua Umum IBA MMA, Marsma TNI (Purn) Dwi Badarmanto (kanan), bersama Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman (tengah), dan Ketua Komite Olah Raga Beladiri Indonesia (KOBI), Ardiansyah Bakrie (kiri), di sela Rakernas KONI Pusat di Jakarta, Kamis (27/8/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Ikatan Beladiri Amatir Mix Martial Art (IBA MMA), secara resmi disahkan menjadi anggota Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI). Pengesahan dilakukan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI yang digelar secara virtual di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Dengan keputusan tersebut, pengurus IBA MMA akan langsung melakukan konsolidasi dengan pengurus daerah. “Hari ini merupakan momentum yang sangat membahagiakan bagi seluruh keluarga besar IBA MMA, karena perjuangan panjang dan doa kami akhirnya membuahkan hasil seperti yang kami harapkan,” kata Ketua Umum IBA MMA, Marsma TNI (Purn) Dwi Badarmanto, Kamis (27/8/2020).

Menurut Dwi, pengurus akan melakukan road show ke Pengurus Provinsi (Pengprov) IBA MMA. “Selain untuk memberikan pengarahan, juga sekaligus menampung masukan dari daerah, untuk menajamkan program kerja PP IBA MMA,” tambahnya.

Selain konsolidasi dengan pengurus daerah, IBA MMA akan melakukan konsolidasi dengan Komite Olah Raga Beladiri Indonesia (KOBI), pimpinan Ardiansyah Bakrie. Lembaga tersebut selama ini mendukung sepenuhnya proses pencalonan IBA MMA menjadi anggota KONI. “Selanjutnya kami akan menjalin kerja sama berkesinambungan dan terarah dengan KOBI, dalam pencarian dan pembinaan atlet beladiri pertarungan bebas ini,” tegas Dwi.

Resminya IBA MMA menjadi anggota KONI langsung disambut gembira atlet tarung bebasm Antonius Munyak. Menurutnya, dengan menjadi anggota KONI, maka keberadaan organisasinya sama dengan induk organisasi olah raga lain seperti Pertina, PBSI, Perbasi maupun PRSI. “Kami sudah menunggu kabar baik ini bertahun-tahun, dan diterimanya IBA MMA menjadi anggota KONI, membuat saya dan teman-teman sesama atlet beladiri pertarungan bebas ini semakin semangat berlatih dan termotivasi, untuk berprestasi maksimal,” kata Antonius Muyak.

Pada Rakernas KONI secara virtual, ada delapan Cabang Olahraga (Cabor), yang disahkan menjadi anggota. Selain IBA MMA ada Persatuan Pusat Modern Penthatlon Indonesia (PP MPI), Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI), Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI).

Selanjutnya, Perkumpulan Binaraga Fitnes Indonesia (PB PBFI), Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI), Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (PB PABERI), dan Federasi Ice Skating Indonesia (FISI).

“KONI Pusat memutuskan dan menetapkan menerima hasil sidang komisi-komisi dalam Rakernas, termasuk penerimaan delapan induk organisasi sesuai dengan Surat Keputusan (SK) KONI Pusat Nomor 07/Rakernas/2020 tentang Penerimaan Keanggotaan KONI Pusat untuk Delapan Induk Cabang Olahraga, berlaku sejak tanggal ditetapkan pada 27 Agustus 2020,” kata Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman. (Ant)

Lihat juga...