Jelang Dua Balapan di Kandang, Ferrari Masih Didera Masalah

Pebalap Ferrari, Charles Leclerc dan Sebastian Vettel, menjalani Grand Prix Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu (30/8/2020) – foto Ant

JAKARTA – Ferrari harus mampu mengatasi masalah yang membuat frustasi di GP Belgia, sebelum menuju ke dua balapan di kandang yaitu balapan Monza dan Mugello, Italia.

Tim Kuda Jingkrak tampil mengecewakan di Sirkuit Spa-Francorchamps sejak sesi latihan Jumat (28/8/2020). Dan puncaknya hanya mampu finis di P13 dan P14, posisi yang sama ketika mereka start. Charles Leclerc menggebrak di awal lomba ketika menggunakan ban soft.

Posisinya naik empat peringkat di lap pertama ke posisi 10 besar. Namun setelah tragedi pitstop yang lamban, kru terlampat menyiapkan ban di pitstop pertama, hingga pebalap Monako itu harus berhenti 10,4 detik, dan di pistop kedua, kru harus menaikkan tekanan pneumatik yang menyebabkan ia mundur ke P14 di belakang rekan satu timnya, Sebastian Vettel.

“Sangat membuat frustasi. Akhir pekan yang sangat sulit bagi kami dan balapan ini tidak lebih mudah. Kami memiliki masalah di sejumlah pitstop yang aku jalani, yang membuatku kehilangan cukup banyak waktu dan posisi. Kemudian aku mencoba mengejar kembali namun sangat sulit untuk menyalip, bahkan dengan DRS, jadi kami harus berbenah, karena seperti ini sangatlah sulit,” kata Leclerc.

Vettel kali ini juga kewalahan menjinakkan mobil SF1000, setelah sempat disalip dua kali oleh Kimi Raikkonen, yang mengendarai mobil Alfa Romeo yang ditenagai mesin Ferrari. Sebelum akhirnya finis satu posisi di belakang pebalap asal Finlandia tersebut. “Spa tentunya salah satu trek yang sensitif dengan tenaga dan kami kesulitan tahun ini ketika bicara soal tenaga,” kata Vettel.

Juara dunia empat kali itu berharap, Ferrari berbenah menuju balapan kandang mereka di Monza pekan depan, dan perayaan grand prix ke-1.000 Ferrari di Mugello satu pekan setelahnya.

Paket mobil Ferrari tahun ini kurang kencang di lintasan lurus, akan menjadi masalah utama yang mereka hadapi di Monza, sirkuit yang terkenal sangat cepat. “Kami memiliki dua balapan penting untuk tim di dua pekan berikut, tapi kami harus juga realistis. Paketnya apa adanya, kami tidak sekuat yang kami inginkan, jadi kami harus tetap optimistis dan melihat hal-hal baik, meski saat ini tidak banyak,” tandasnya. (Ant)

Lihat juga...