Kalahkan Liverpool, Arsenal Rebut Community Shield

Pemain Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang dan rekan-rekan satu timnya merayakan sukses merebut trofi Community Shield, di Wembley Stadium, London, Sabtu (29/8/2020) –Foto Ant

JAKARTA – Arsenal mengalahkan Liverpool 5-4, lewat adu penalti Sabtu (29/8/2020) sore waktu setempat, untuk merebut trofi Community Shield. Trofi yang menjadi pembuka tirai musim baru Liga Inggris, setelah kedua tim imbang 1-1 di Wembley.

Kapten Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, mencetak gol penalti terakhir untuk mencatat kemenangan kedua tim London utara, atas sang juara liga dalam kurun waktu enam pekan setelah jeda musim panas yang dipersingkat. “Kami tengah meningkat. Masih ada tugas yang harus dilakukan, namun saya sangat senang dan ini saat yang menyenangkan menjadi pemain Arsenal,” kata Aubameyang, usai pertandingan.

Community Shield adalah trofi kedua The Gunners, yang diperoleh dalam sebulan, setelah sebelumnya menjuarai Piala FA dengan menaklukkan Chelsea pada laga final di 1 Agustus lalu. Pertandingan berjalan sangat seimbang. Virgil Van Dijk mencetak gol pada awal laga, namun dianulir karena offside sebelum Arsenal menciptakan gol pembuka.

Bukayo Saka membawa bola dari sisi kanan, untuk diumpankan kepada Aubameyang di sektor kiri. Striker Gabon ini melompat guna melepaskan tembakan melengkung sempurna yang tidak terjangkau kiper Liverpool Alisson. Kedudukan 1-0 untuk Arsenal pada menit ke-12.

Liverpool balik melancarkan serangan, namun tak bisa melepaskan satu pun tembakan ke arah gawang. The Reds baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-73, ketika pemain pengganti asal Jepang, Takumi Minamino, melepaskan tembakan dari jarak dekat, untuk mencetak gol pertamanya dalam 15 penampilan sejak bergabung di Merseyside pada Januari. “Seandainya kami mencetak gol lebih awal, itu akan membantu. Kami menghadapi momen besar kami yang tidak kami selesaikan, jadi itulah hasilnya,” kata manajer Liverpool, Juergen Klopp, kepada wartawan setelah pertandingan.

Mohamed Salah, Fabinho, Minamino dan pemain pengganti Curtis Jones, semuanya mencetak gol dalam adu penalti. Tetapi tendangan Rhian Brewster membentur tiang gawang. Sebaliknya semua eksekutor penalti Arsenal, yang terdiri dari Reiss Nelson, Ainsley Maitland-Niles, Cedric Soares, David Luiz dan Aubameyang sukses memasukkan bola dalam adu tos tersebut.

Mengenai habisnya masa kontrak bersama The Gunners pada akhir musum panas, Aubameyang menjawab untuk menunggu hari-hari terakhir. “Kita akan lihat dalam hari-hari ini. Hari ini kita mendapatkan trofi itu, itu saja,” tandasnya.

Manajer The Gunners, Mikel Arteta, lebih bersikap positif tentang kontrak Aubameyang dan tim secara keseluruhan. “Saya berusaha melakukan pekerjaan saya, yang meyakinkan dia bahwa dia ada di tempat yang tepat. Saya sangat yakin dia akan menandatangani (kontrak baru),” tandasnya. (Ant)

Lihat juga...