Kasus Positif Covid-19 di Pesisir Selatan Naik Lagi

Editor: Makmun Hidayat

PESISIR SELATAN — Perkembangan kasus Covid 19 di Kabupaten Pesisir Selatan hari ini mengalami kenaikan drastis setelah adanya penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid 19 baru sebanyak 8 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pesisir Selatan, Rinaldi, mengatakan, delapan orang tersebut merupakan warga Kecamatan Lengayang yang kontak dengan pasien 19 warga Pesisir Selatan dari Purwakarta.

Dikatakannya, dengan bertambahnya sebanyak 8 orang terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini, total kasus Covid 19 di Kabupaten Pesisir Selatan hingga hari ini menjadi 30 kasus. Dari 30 kasus positif Covid 19, 17 dinyatakan sembuh dan 1 meninggal dunia sedangkan sisanya menjalani isolasi perawatan.

“Peningkatan jumlah tersebut karena adanya kasus baru sebanyak 8 orang dari Kecamatan Lengayang. Karena ada penambahan terkonfirmasi positif Covid 19 sebanyak 8 orang, sehingga total kasus Covid 19 di Pesisir Selatan menjadi 30 orang,” katanya, Kamis (13/8/2020).

Rinaldi juga menambahkan dengan bertambahnya kasus terkonfirmasi positif Covid 19 maka khusus Kecamatan Lengayang hingga hari ini terdapat 11 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dirinya juga mengimbau agar masyarakat untuk selalu waspada dengan memakai masker setiap keluar rumah, jauhi kerumunan keramaian, jaga jarak dan selalu cuci tangan pakai sabun.

Sementara untuk memberikan pelayanan yang prima soal penanganan Covid-19 di Pesisir Selatan itu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Muhammad Zein Painan membuat Kelas Pelatihan Pelayanan Prima Ruangan Keperawatan.

“Ya, untuk meningkatkan pelayanan prima atau service excellent di ruangan keperawatan, bidang pelayanan membuat terobosan dengan membuat kelas pelatihan pelayanan prima pada ruangan keperawatan,” ungkap Direktur RSUD dr. Muhammad Zein Painan, dr. Sutarman.

Ia menyebutkan bahwa RSUD dr.Muhammad Zein Painan terus melakukan peningkatan dan pembenahan semua bidang seperti pelayanan kesehatan, sarana dan prasarana, alat-alat kesehatan, SDM dan lainnya. Apalagi saat ini kasus Covid-19 masih ada di Pesisir Selatan, sehingga perlu dilakukan peningkatan pelayanan di rumah sakit khususnya.

“Salah satu peningkatan sarana dan prasarana yang dilakukan adalah pembangunan gedung Paru. Kini pekerjaannya telah dimulai, dan diharapkan rampung sesuai rencana,” ungkapnya.

Sementara Kepala Bidang Pelayanan Medis, dr. Reyantis Capanay, mengatakan, pelatihan pelayanan prima adalah semacam pelatihan dalam lingkup kecil tempat berbagi cara meningkatkan pelayanan prima pada perawat di ruangan, dengan penyampaian materi secara kekeluargaan, dengan hati dan berbagi tips dan trik melayani sepenuh hati.

“Peserta kelas pelatihan pelayanan prima adalah kepala ruangan dan seluruh perawat di ruangan anak yang berjumlah kurang lebih lima belas orang. Kita berharap hal ini dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik,” ujar dia.

Lihat juga...